Kabar DaerahOrtom

Selenggarakan Turba Ramadan, PDPM Kabupaten Tegal Fokus Bangun Kemandirian Ekonomi Cabang

PWMJATENG.COM, Tegal – Dalam rangka melakukan pembinaan cabang dan ranting, sekaligus mengisi kegiatan di Bulan Ramadan; Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Kab. Tegal melakukan TURBA (Turun Basis) dan silaturahim pimpinan. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 9–16 April 2022 secara bertahap dengan dibagi menjadi 3 zona dari sejumlah 14 cabang yang ada. Zona 1 meliputi (PCPM Margasari, Lebaksiu, Slawi, Pangkah dan Jatinegara), Zona 2 meliputi (PCPM Adiwerna, Talang 1, Talang 2, Kramat 1 dan Dukuhturi), dan Zona 3 meliputi ( PCPM Kramat 2, Tarub, Kedungbanteng dan Suradadi).

Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan PDPM Kab. Tegal, Noval Husein menyambpaikan bahwa agenda ini merupakan program rutin Bidang Organisasi dan Keanggotaan.

“Momentum Ramadan kita isi dengan TURBA dan Silturahim Pimpinan seperti yang sudah rutin dijalankan sebagai pembinaan dan penyampaian informasi program,” kata Noval.

Dalam agenda TURBA kali ini PDPM Kab. Tegal mengajak pimpinan cabang untuk membangun kemandirian organisasi terutama di bidang ekonomi dengan mendorong terciptanya Amal usaha milik Pemuda Muhammadiyah di tiap kecamatan; tujuannya adalah agar kelak proses roda organisasi terus berjalan tidak terkendala faktor ekonomi termasuk pemberdayaan kader. Dalam mengajak pendirian Amal Usaha ini, PDPM Kab. Tegal menyediakan dana stimulan sekitar 15 Juta untuk 3-5 PCPM.

Baca juga, Membaca Masa Depan Indonesia, FKSB Gelar Diskusi Bahas IKN dan Wacana Perpanjangan Masa Jabatan Presiden

Tahapannya PCPM membuat proposal bisnis atau bussines plan dan akan diseleksi oleh PDPM Kab. Tegal. Rencananya dana stimulan tersebut akan diserahkan maksimal akhir Bulan Mei mendatang. Selain dana stimulan PDPM Kab. Tegal juga akan melakukan pendampingan terhadap amal usaha yang akan berjalan nantinya.

Abdul Ghofar Ismail selaku Ketua PDPM Kab Tegal berharap PCPM Se-Kab. tegal mampu menangkap peluang baik ini.

“Saya berharap PCPM Se-Kab. Tegal bisa menangkap peluang ini untuk membangun kemandirian organisasi dan bisa berdiri unit usaha di setiap Kecamatan,” pungkasnya.

Di Kabupaten Tegal setidaknya ada 2 PCPM yang sudah memiliki Amal Usaha, di antaranya : PCPM Margasari dengan IDEA Komputer dan PCPM Dukuhturi dengan Jasa Perjalanan ADVENTour. PDPM Kab Tegal juga sudah memiliki Amal Usaha yaitu PT PERKASA yang bergerak di Bidang Jasa Outsorching Security dan Cleaning Service; dengan Karyawan mencapai seratusan dan memprioritaskan kader serta telah menjalin kerjasama dengan puluhan perusahaan dan instansi.

Kontributor : Noval/ Kominfo PDPM Kab Tegal
Editor : Redaksi

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.