SD Muh1 Gelar Hari Kesaktian Pancasila Sekaligus Sumbang 11.193.000 Korban Gempa Tsunami Palu dan Doggala

PWMJATENG.COM, SOLO – Ratusan dan Sivitas Akademika Sekolah Dasar Swasta Rujukan (SDSR) kembali tergugah menyaksikan bendera kebangsaan Merah Putih berkibar gagah di halaman SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta dalam rangka gelar hari kesaktian pancasila mengambil tema Pancasila sebagai landasan kerja untuk mencapai prestasi bangsa. Sekaligus Sumbang Rp. 11.193.000,- untuk korban gempa dan tsunami di Palu dan Doggala, Sulawesi Tengah.

Acara berjalan hikmat, dipimpin oleh inspektur upacara guru kelas VI Heru Sudiarso, S.Pd dan dihadiri sejumlah 806 siswa, 63 guru karyawan dan 7 PPL PPG UMS.

Dalam amanatnya inspektur upacara, Heru Sudiarso mengingatkan kembali penting untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan bangsa. Terus menggugah dan menggelorakan semangat Nasionalisme dan Jiwa Patriotisme dalam memegang teguh Pancasila sebagai dasar negera agar tetap hidup dan terjaga dalam hati sanubari kita masing-masing dan terkhusus generasi kekinian di Era Disruptif yang menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation.

BACA JUGA  Perluas Layanan, LazisMu Jepara Luncurkan Ambulans ke- 4

“Momentum ini menjadikan kita kembali mengenang dan menghargai jasa para pejuang pendiri bangsa ini sekaligus peneguhan jiwa nasionalisme dan patriotisme. Kita semua telah membaca sejarah pemberontakan 30 September 1945 atau G 30 S/PKI, dengan berkat Rahmat Tuhan Yang Maha Esa juga kesiapsiagaan, persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia gerombolan PKI serta antek-anteknya dapat hancur sampai keakar-akarnya,” ujarnya.

Dalam acara ini juga sekolah menginisiasi pengumpulan bantuan bagi para korban gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi.

Uniknya, dalam penggalangan dana itu, siswa-siswi ikut menyumbang. “Lucunya mereka dengan wajah polos menyisihkan sebagian uang saku untuk donasi kepada korban bencana gempa dan tsunami,” paparnya.

BACA JUGA  Menjadi Sejarah, UMP Tuan Rumah Muskorda IJTI Banyumas Raya

Salah satu siswa kelas IV A Ahmad Sufyan Riyanto, bersama temannya terlihat asyik menyisihkan uang sakunya.

Acara berjalan hikmat serta diadakan serah terima mengukir prestasi 2 siswa dari Zulfaa Kaamiliyya Hafshah kelas 5 meraih Medali Emas Kompetisi Matematika Terbuka PPO Jateng ke-2 tingkat Wilayah Surakarta, 30 September 2018 di SD kristen Kalam Kudus dan juara harapan 3 atas nama Carissa Marcheta Bianca Putri lomba menggambar dan Mewarnai kaligrafi di SMP Batik Program Khusus 23 September 2018.

Wakil Kepala Sekolah bidang Humas SD Muh1, Jatmiko, mengatakan, penggalangan dana dilakukan hari ini dan kebetulan kita kerja sama Lazismu Solo.

“Senin (1/10/2018) hal itu sekaligus agar peserta didik terbiasa berbagi dengan sesama. Sejak ini, anak ditanamkan kegiatan berinfaq membantu sesama yang kesusahan, semoga anak selalu unggul berprestasi dan berakhlaqul karimah, bersih, sehat, hijau dan lestari ” katanya. (Jatmiko)

BACA JUGA  Serunya Follow Up Masta Ala IMM IAIN Kudus
Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts