Safari Ramadhan PDM Kendal Putaran ke 3 ; Gerakan Kaleng Filantropi dan Wakaf Tanah

0
375
Hj. Puniah, S. Pd pose bersama usai menyerahkan wakaf sebidang tanah kepada Muhammadiyah.

PWMJATENG.COM, KENDAL – Memasuki putaran ke 3 safari sillaturrahmi  Ramadhan 1439 H PDM Kendal diwarnai dengan beragam informasi perkembangan di masing – masing PCM, mulai dari perkembangan AUM kesehatan sampai dengan kesadaran gerakan kaleng filantropi dan keikhlasan warga Muhammadiyah untuk mewakafkan sebidang tanah kepada persyarikatan.

“ Gerakan kaleng filantropi di lingkungan cabang dan ranting telah menunjukkan perkembangannya, terutama oleh cabang kecil seperti PCM Singorojo “ kata ketua Lazismu PDM Kendal, H. Sutiyono, BA sebagai pembicara awal dalam sillaturrahim PDM di masjid At taqwa, PRM Ngareanak, Singorojo, Kendal Jum’at malam (25/5)

“ Kami memberi apresiasi kepada PCM Singorojo, meski masuk sebagai cabang kecil tetapi gerakan filantropinya sangat bagus, paling tidak setiap bulan mampu mengumpulkan sekitar 2 jutaan rupiah “ pujinya.

Gerakan kaleng filantropi menurut Sutiyono di luar zakat, bersifat rutin dan sukarela, satu keluarga minimal satu kaleng untuk diisi infaq, shodaqah tanpa batas besarannya.

“ Mengurus fakir miskin tidak hanya memberi uang recehan ala kadarnya. Dengan cara itu kita merasa bangga, tetapi harus sungguh – sungguh, dan berani nggetih “ ujar pak ‘U’ begitu biasa ia dipanggil.

Fakta menunjukkan, di Kendal menurut ketua Lazismu Kendal sampai saat ini masih ada beberapa guru yang mengajar di sekolah Muhammadiyah maupun TK ABA dengan menerima gaji perbulan di bawah 500 ribu rupiah.

“ Guru – guru seperti itu harus kita bantu melalui kaleng filantropi. Dan untuk lebaran tahun ini kami akan memberi THR dalam bentuk kupon senilai 300 ribu untuk belanja di supermarket milik Muhammadiyah “.

Safari Ramadhan tersebut diikuti ratusan anggota jamaah, selain dihadiri oleh jajaran PDM Kendal, tampak hadir pula para ketua PCM Boja, Limbangan, dan Singorojo sebagai tuan rumah yang masing – masing ketua didampingi anggota pimpinan.

Dalam sesi dialog yang dipandu oleh sekretaris PDM Kendal, H. Yusuf darmawan, M.Pd, tersebut disampaikan perkembangan dan permasalahan di setiap cabang yang ada di Kawedanan Boja.

“ Alhamdulillah klinik pratama Muhammadiyah di Limbangan sudah diresmikan dan telah beroperasi. Begitu juga SLB ‘ Surya Gemilang’ juga berjalan dengan baik “ kata ketua PCM Limbangan, H. Muhari, S.Pd.

“ Pengajian Ahad pagi yang dulunya sempat berhenti, sekarang sudah eksis dengan jumlah jamaah pengajian semakin bertambah “ ujarnya.

Tidak berbeda dengan Limbangan, PCM Boja yang sedang mengelola RSI Muhammadiyah masih membutuhkan dana untuk menyempurnakan pembangunan AUM kesehatan.

“ Klinik pratama ‘ Surya Medika ‘ sudah beroperasi satu tahun lalu sampai sekarang, sedangan proses pembangunan RSI masih tetap berjalan dan memerlukan dana sekitar 450 juta untuk tahap awal “ kata ketua PCM Boja, H. Abdul Jalal, S. Ag.

Sillaturrahim Ramadhan putaran ke 3 tersebut diawali dengan jamaah sholat isya’ dan tarawih dengan imam ustadz Hakim Amar Ma’ruf dan ditutup dengan penyerahan wakaf sebidang tanah secara simbolis.

“ Dengan mengucap ‘bismillahirrahmanirrahim’ saya wakafkan sebidang tanah milik saya seluas 143 m2 kepada Muhammadiyah mohon dimanfaatkan untuk kepentingan umat “ ucap Hj. Puniah, S.Pd selaku muwakif  ketika menyerahkan wakaf kepada ketua PDM Kendal, H. Muslim yang didampingi ketua PCM Singorojo, Rubiyadi, S.Ag, M.Pd.I dan wakil ketua PDM Kendal bidang Wakaf dan Kehartabendaan PDM Kendal, H. Djamzuri, SH. ( A.Ghofur/MPI Kendal )