RSU Muhammadiyah Darul Istiqomah Kaliwungu Gelar Survey Simulasi Akreditasi

0
890
Surveyor dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit menyampaikan saran dan masukan di hadapan stakeholder RSU Muhammadiyah Darul Istiqomah Kaliwungu ( foto dok: dyah)

PWMJATENG.COM, KENDAL – Salah satu Amal Usaha Muhammadiyah bidang kesehatan, Rumah Sakit Umum (RSU) Muhammadiyah Darul Istiqomah Kaliwungu, Kendal menggelar survey simulasi akreditasi. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari (Senin – Rabu, 29 – 31/10) itu menghadirkan 3 surveyor dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), yaitu dr. Rita Enny Setianingdiah, M. Kes, dr. Elsje Setyawati, Sp.PK, M.Kes, dan Christiana Theresia Sinaga, S. Kep, M. Kep.

Direktur RSU Muhammadiyah Darul Istiqomah, dr. Bima Nugroho, M. Kes mengatakan, tujuan msurvey simulasi akreditasi untuk mengukur kesiapan sekaligus menberikan gambaran kepada RSU Darul Istiqomah. “ Dengan surveysimulasi ini kami mengetahui kekurangsempurnaan rumah sakit kita dan segera kami lengkapi sesuai dengan standar yang ditentukan “ kata Bima. Beliau menjelaskan kegiatan survey sesuai dengan KARS terdiri 2 kelompok, yaitu standar pelayanan berfokus kepada pasien dan standar manajemen rumah sakit. “ Tapi dalam perkembangnnya untuk standar pelayanan berfokus pada pasien ditambah dengan sasaran keselamatan pasien.” Imbuhnya.

RSU Muhammadiyah Darul Istiqomah Kaliwungu di jln. Sekopek Kaliwungu, Kendal. (foto dok: gofur)

Pantauan pwmjateng.com terlihat pada hari pertama dilakukan telaah regulasi dan dokumen oleh para surveyor kepada setiap kelompok kerja. Hari ke dua surveyor menyampaikan hasil telaah regulasi dan dokumen tiap Pokja, dan memberikan masukan dan saran demi perbaikan Pokja untuk menghadapi akreditasi yang sesungguhnya. Dan di hari ke tiga surveyor melakukan penelusuran lapangan untuk mengetahui secara langsung kondisi setiap ruangan dan pelayanan di rumah sakit yang berdiri tahun 1995 tersebut.

Ketua panitia akreditasi RSU Muhammadiyah Darul Istiqomah, H. Budiyanto Amalia mengatakan, setelah menerima saran dan masukan dari surveyor pihaknya akan segera melakukan koordinasi internal untuk mencukupi hal tersebut. “ Sangat diharapkan segera kami penuhi, sehingga di akhir tahun ini RSU Muhammadiyah Darul Istiqomah sudah terakreditasi dengan hasil paripurna “ pintnya.

Turut hadir dan mendampingi selama survey simulasi akreditasi antara lain ketua PCM Kaliwungu, H. Sukamto, wakil ketua PCM, H. Moh. Antono, dan seluruh jajaran Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PCM Kaliwungu. ( Gofur & Dyah/MPI Kendal )