Berita

Resmi Dibuka! Pelatihan LDP MDMC Ajak Peserta Wujudkan Ketangguhan dan Kedekatan Komunitas Terdampak Bencana

PWMJATENG.COM, Yogyakarta – Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) kembali melangkah maju dengan resmi membuka Pelatihan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) Gelombang 2 pada 8-9 Desember 2023 di LPP Convention, Yogyakarta. Peserta dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk MDMC Wilayah, Relawan Muhammadiyah, dan Rumah Sakit Muhammadiyah, turut meramaikan acara ini yang diisi oleh fasilitator handal dari MDMC PP Muhammadiyah.

Fasilitator terkemuka, Budi Santoso, S.Psi., M.K.M., Nandhini Huda Anggarasari, M.Psi., Psikolog., dan Zakarija Achmat, M.Si., Psikolog., turut menyemarakkan suasana dengan pembekalan materi yang kaya dan aplikatif.

Kegiatan ini dilakukan untuk menggalakkan penyebaran dukungan psikososial bagi pendamping dan individu yang tertarik pada layanan tersebut. Pelatihan ini juga diarahkan untuk meningkatkan pemahaman dan kualitas sumber daya yang terlibat.

Dalam sambutannya, Budi Setiawan, S.T., Ketua MDMC Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, menggarisbawahi peran penting MDMC dalam menangani peristiwa kebencanaan. Dalam konteks ini, dukungan psikososial menjadi fokus utama, mengingat setiap bencana memiliki dampak dan masa pemulihan yang berbeda.

Baca juga, Mengungkap Rahasia Kebahagiaan: Ketua PWM Jawa Tengah Tafsir Bocorkan Lima Kunci Hidup Bahagia ala Rasulullah!

Budi Setiawan menjelaskan, “Ketika tsunami Aceh tahun 2004, kami memerlukan waktu 3 tahun untuk menyelesaikan permasalahan di sana. Namun, pada peristiwa gempa Yogyakarta tahun 2010, cukup 1 tahun untuk menyelesaikannya. Artinya, setiap bencana memerlukan perlakuan khusus.”

Pentingnya dukungan layanan psikososial dalam respons kebencanaan menonjol, di mana tidak hanya tanggap darurat yang diutamakan, tetapi juga pendampingan psikososial bagi penyintas. Budi Setiawan menekankan perlunya memberikan perhatian khusus pada para penyintas yang berada di shelter, menjaga keberagaman mereka, dan mengelola shelter dengan baik untuk menghindari masalah serius.

Zakarija Achmat, M.Si., Psikolog., Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan MDMC, menyoroti peran penting dalam membangun resiliensi atau ketangguhan komunitas dan individu pasca bencana. Pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas peserta sebagai pendamping yang mampu memberikan dukungan psikososial di lapangan.

“Kami fokus pada kebutuhan penyintas untuk bertahan hidup dan mendapatkan perlindungan, termasuk rasa aman. Pelatihan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan fisik seperti makanan, tempat tinggal, dan pakaian,” tambah Zakarija Achmat.

Kontributor : Budi Santoso
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE