AUMBerita

Ratusan Mahasiswa UMS Ikuti Sosialisasi Pembelajaran Bahasa Korea

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – Sebanyak 134 mahasiswa dari berbagai program studi di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah mengikuti sosialisasi pembelajaran Bahasa Korea. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI) UMS dan berlangsung pada Selasa malam (10/10) di Ruang Lt 7, Gedung Siti Walidah, Pabelan, Kartasura.

Prof. Dr. Dae Sik dari Tongmyong University Korea, dalam sambutannya, sangat antusias menjelaskan program pembelajaran Bahasa Korea ini kepada para mahasiswa UMS yang berasal dari berbagai program studi seperti Teknik Kimia, Sipil, Mesin, Elektro, Industri, dan Informatika (FKI) UMS. “Jumlah mahasiswa yang mengikuti program ini cukup banyak. Mereka akan belajar di Korea selama 2 tahun,” jelas Prof. Jae.

Namun, tidak semua program studi di UMS mengirimkan perwakilannya untuk belajar Bahasa Korea. Seleksi peserta didasarkan pada tingkat kebutuhan masing-masing program studi. “Minat mahasiswa yang menjadi peserta disesuaikan dengan program studi yang bekerjasama,” kata Alex, seorang staf BKUI UMS.

Baca juga, Gerakan Kebangsaan Watugong (Gerbang Watugong) FKUB Provinsi Jawa Tengah Bersilaturahim dengan Ketua PWM Jawa Tengah

Wijianto, Kabid Pengembangan Kelas BKUI, S.T., M.Eng.,Sc., menjelaskan bahwa melalui program pembelajaran Bahasa Korea ini, mahasiswa yang mengikutinya akan diarahkan untuk mengambil Program Double Degree di Korea dengan skema 2+2. Artinya, mereka akan belajar di UMS selama 2 tahun dan juga di Korea selama 2 tahun. “Pada semester 5, mahasiswa akan berangkat ke Korea. Jika mahasiswa telah mahir dalam Bahasa Korea, mereka berhak mendapatkan diskon atau potongan SPP selama mengambil Program Double Degree,” terang Wijianto.

Setiap angkatan memiliki kuota sebanyak 30 mahasiswa. Oleh karena itu, akan ada seleksi ketat untuk memastikan bahwa persyaratan yang telah disepakati bersama terpenuhi. “Kami berharap agar kualitas mahasiswa tetap terjaga. UMS akan berusaha keras agar peserta didik selalu mendapatkan ilmu yang menjadi target kami,” tambah Wijianto.

Ini adalah langkah yang sangat positif dalam rangka mempersiapkan mahasiswa UMS untuk menghadapi tantangan global dan memperluas wawasan mereka melalui Program Double Degree dengan universitas di Korea. Diharapkan program ini dapat membuka peluang baru bagi mahasiswa UMS untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Kontributor: Fika
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.