AUMBerita

Rahasia Sukses Pendidikan: Pesan Mendalam dari Kepala SMP UMP!

PWMJATENG.COM, Banyumas – Dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024, Kepala SMP UMP memberikan pesan yang sangat menginspirasi tentang pentingnya pendidikan dalam kehidupan manusia. Ia mengungkapkan bahwa manusia dan pendidikan adalah dua hal yang tak terpisahkan, sebagaimana tercermin dari sejarah peradaban manusia yang dimulai dari proses pendidikan pertama yang dicontohkan dalam Al-Qur’an.

Menurutnya, Indonesia memiliki keberuntungan karena Undang-Undang Dasar telah menjamin hak pendidikan bagi seluruh warga negara. Pendidikan bukan hanya soal pengetahuan, tetapi juga soal karakter, nilai-nilai, dan kebijaksanaan. Paulo Freire, seorang ahli pendidikan, juga menyoroti pentingnya pendidikan sebagai sarana pembebasan dan menjadikan individu merdeka.

Baca juga, Mengkaji Keunggulan Bahasa dan Sastra Al-Qur’an

Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional, kita juga mengenang Ki Hadjar Dewantara, guru besar bangsa dan Menteri Pendidikan Republik Indonesia pertama, yang memberikan paradigma pendidikan yang komprehensif. Pesan beliau tentang “Ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani” menjadi landasan penting dalam pembangunan pendidikan di Indonesia.

Kepala SMP UMP juga menekankan bahwa pendidikan bukan hanya soal formalitas, tetapi juga soal kesadaran diri dan semangat untuk terus belajar. Belajar tak hanya soal nilai dan peringkat, tetapi lebih dari itu, belajar adalah proses mencapai kemerdekaan dan kebijaksanaan dalam hidup.

Dengan semangat “Merdeka belajar! Belajar merdeka! Merdeka berpikir! Berpikir merdeka!” Kita diingatkan untuk selalu memiliki kemampuan berpikir kritis, analitis, logis, realistis, kausalis, idealis, empiris, sistematis, dan lainnya, agar dapat menjaga kemerdekaan dan keberlangsungan peradaban manusia.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE