AUMBerita

Peringati Bulan Kesehatan Gigi Nasional, RSGM Soelastri Gandeng FKG UMS Gelar School Health Program

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – Dalam rangka memperingati Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) tahun 2023, Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri gandeng Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar School Health Program (SHP) pada, Sabtu, (18/11) yang diselenggarakan di Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS.

Ketua Panitia BKGN UMS 2023, drg. Nina Runting, Sp.BMM., menyebutkan dalam laporan kebijakannya bahwa kegiatan ini diadakan dengan peserta hampir 4.000 siswa dari 27 SD/sederajat yang berada di wilayah Solo.

“Tujuannya, untuk memberikan edukasi kesehatan gigi dan mulut dan membentuk kebiasaan yang baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Nanti akan dipantau selama 21 hari ke depan, lanjutnya, kemudian diadakan kompetisi antar SD,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, Direktur RSGM, drg. Ida Witiasati, M.Kes., mengungkapkan tema pada peringatan BKGN tahun 2023 adalah ‘Senyum Indonesia, Gigi Kuat Mulut Sehat’. Pelaksanaan BKGN pada tahun ini diawali dengan SHP yang merupakan program edukasi untuk murid usia dini SD, SLB, PAUD. Selain SHP, dalam memperingati BKGN 2023, RSGM Soelastri akan mengadakan layanan pemeriksaan gigi ‘Free Dental Treatment’, yang akan dilaksanakan pada tanggal 22,23, dan 24 November 2023 di RSGM Soelastri.

Baca juga, Muhammadiyah di Usianya yang ke-111: Ikhtiar Menyelamatkan Semesta

“Izinkan kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dukungan dan partisipasi aktif kepada seluruh pimpinan UMS, seluruh kepala sekolah dan jajarannya, murid, mitra kerja, dan para mahasiswa FKG. Semoga acara dapat berjalan dengan lancar dan mendapat ridho dari Allah SWT,” ungkap Direktur RSGM itu.

Dekan FKG UMS, drg., Dendy Murdiyanto., M.D.Sc., mengungkapkan bahwa tujuan dari penyelenggaraan School Health Program ini selaras dengan visi FKG UMS, yaitu memberi arah perubahan.

“Diharapkan dengan kegiatan ini, bapak ibu guru menerapkan hidup sehat, serta dapat melaksanakan anjuran dan arahan. Insya Allah FKG siap mensukseskan acara ini! Mengabdikan diri pada masyarakat,” harap Dekan FKG UMS itu.

Acara dilanjutkan dengan pembukaan secara simbolis oleh Ketua BPH RSGM Soelastri yang diwakiliki oleh Wakil Rektor II UMS, Prof., Dr., apt., Muhammad Da’I M.Si.

Terdapat pula materi edukasi tentang ‘Makanan untuk Kesehatan Gigi pada Anak’ dengan narasumber dari Centre for School Nutrition Health Movement Lembaga Riset & Inovasi UMS yang berkolaborasi dengan UNESCO Chair Global Health and Education. Materi kedua, dilanjutkan dengan mengambil tema ‘Kesehatan Gigi dan Mulut’ oleh drg. Nendika Dyah Ayu Murika Sari., M.H., Sp.KGA

Dalam kegiatan tersebut, peserta juga diajak untuk ikut menyanyi dan menari agar semangat peserta tersalurkan. Selain itu, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk mempraktikkan materi yang disampaikan pada acara simulasi sikat gigi bersama, yang dipandu oleh drg. Nendika.

Kontributor : Fika
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.