BeritaKabar Daerah

PDM Temanggung Sukses Gelar Penguatan Ideopolitor, Diikuti Ratusan Peserta

PWMJATENG.COM, Temanggung  – Kegiatan Penguatan Ideopolitor (Ideologi Politik dan Organisasi) adalah suatu hal yang wajib bagi seluruh pimpinan dan anggota Persyarikatan Muhammadiyah, demikian disampaikan oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Temanggung, Makmum Pitoyo, pada hari Ahad, 22 Oktober 2023.

Kegiatan Penguatan Ideopolitor sendiri diselenggarakan di Aula Omah Kebon, Temanggung, Jawa Tengah. Kegiatan pembekalan Ideopolitor ini merupakan angkatan ke-3 dan diikuti oleh beragam peserta, termasuk unsur organisasi otonom Muhammadiyah, UPP PDM, dan anggota PCM yang belum pernah mengikuti Ideopolitor

Makmum Pitoyo, Ketua PDM Temanggung, menjelaskan pentingnya keikutsertaan dalam Ideopolitor bagi seluruh anggota pimpinan Muhammadiyah di berbagai tingkatan. Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat pemahaman mengenai ideologi Muhammadiyah, visi misi, dan Risalah Islam Berkemajuan. Hal ini akan menjadi dasar pengetahuan yang harus dimiliki oleh setiap kader Muhammadiyah.

Baca juga, Tanggapi Putusan MK, Ketua PWM Jateng: Politik Dinasti Harus Disikapi Secara Arif

Ketua Majelis Pendidikan Kader dan Sumberdaya Insani PDM Temanggung, Ikhsan, melaporkan bahwa Ideopolitik tahap II kali ini diikuti oleh 154 orang, termasuk unsur Majelis, unsur Lembaga, dan unsur Ortom seperti Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, IPM, HW, dan Tapak Suci Putera Muhammadiyah, serta anggota PCM yang belum mengikuti Ideopolitor tahap I. Lebih dari 400 anggota Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) di Kabupaten Temanggung, sebagian besar telah mengikuti tahap Ideopolitor sebelumnya, sementara sisanya mengikuti kegiatan tahap III.

Tujuan selanjutnya dari Ideopolitor tahap III adalah untuk menghasilkan kader-kader Muhammadiyah yang kompeten, memiliki pengetahuan yang kuat, memahami ideologi dengan baik, dan memahami Risalah Islam Berkemajuan. Materi penguatan dalam Ideopolitor meliputi topik-topik seperti Arah dan Kebijakan Muhammadiyah, visi dan misi, program kerja PDM Kabupaten Temanggung, visi keumatan dan kebangsaan Muhammadiyah, ideologi dan orientasi gerakan Muhammadiyah, Manhaj Tarjih, dan Risalah Islam Berkemajuan.

Dengan mengikuti Ideopolitor, diharapkan para kader Muhammadiyah akan semakin siap dan kompeten dalam memajukan organisasi dan memahami nilai-nilai yang diusung oleh Muhammadiyah dalam upaya mencapai kesejahteraan umat dan masyarakat.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.