Beritamdmc

Ndan Umam: MDMC Adalah Jalan Tercepat Menuju Surga

PWMJATENG.COM, Sragen – Idulfitri merupakan bulan kemenangan bagi umat Islam setelah sebelumnya selama sebulan penuh umat Islam menjalankan ibadah puasa Ramadan. Euforia Idulfitri tidak hanya selesai di hari pertamanya saja; di hari-hari selanjutnya, bulan Idulfitri masih dihiasi dengan budaya silaturahim dan saling bermaafan. Memanfaatkan momentum lebaran, Lembaga Penanggulangan Bencana (MDMC) PWM Jawa Tengah menyelenggarakan kegiatan Silaturahim Relawan Muhammadiyah se Jawa Tengah (15/6). Silaturahim ini bertempat di Gedung KBIH Muhammadiyah Sragen dan sebagai tuan rumah LPB (MDMC) PDM Sragen.

Kegiatan bertema “Spirit Silaturahmi untuk Memperkuat Sinergi Relawan” diikuti oleh ratusan relawan yang berasal dari 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah. Hadir pada kesempatan yang sangat baik ini, Wakil Ketua PWM Jawa Tengah Prof. Dr. KH. Abdul Fatah Santoso, M.Ag.; Ketua PDM Sragen KH Abdullah Afandi, M.Ag.; BPBD Kabupaten Sragen; Organisasi Relawan Penanggulangan Bencana se Kabupaten Sragen; Ketua MDMC Jawa Tengah H. Naibul Umam Eko Sakti, S.Ag., M.Ag.; Ketua MDMC Sragen Moh. Wafir, S.Pd., M.Pd.; Ketua MDMC se Jawa Tengah; serta Relawan Muhammadiyah se Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Ketua PDM Sragen menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh hadirin dan tamu undangan. Ia juga menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat kekurangan dalam memfasilitasi kegiatan silaturahim ini.

“Ternyata menerima tamu (Relawan Muhammadiyah) se Jawa Tengah juga tidak mudah. Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk menyambut seluruh Relawan Muhammadiyah se Jawa Tengah,” ucap KH. Abdullah Afandi, M.Ag.

“Kami sampaikan permohonan maaf kepada seluruh tamu undangan yang hadir apabila terdapat kekurangan, baik disengaja maupun tidak,” pungkasnya.

Baca juga, Lomba Musik Islami Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah, Berikut Ketentuannya!

Kemudian mengawali sambutan kedua, Ketua MDMC Jawa Tengah bertanya kepada para relawan, “Sudah siap masuk surga? Ikut saya!” ucapnya sambil diiringi tawa para peserta.

Ndan Umam (sapaan akrab ketua MDMC Jawa Tengah) mewakili MDMC Jawa Tengah mengucapkan, “Taqabalallahu minna wa minkum. Minnal aidzin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.”

“Ke depan masih akan banyak kegiatan termasuk menjelang Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah. Selama 10 tahun, MDMC Jawa Tengah berkiprah telah banyak kegiatan peningkatan kapasitas relawan, mulai dari Dikat SAR, Diklat Logistik dan DU, Diklat Safety Riding, Diklat SAR Medis, Diklat Manajemen Posko, Pelatihan Tim Asistensi, Pelatihan Shelter, dsb,” ucapnya.

Di akhir ia mengutip pernyataan Ketua PP Muhammadiyah, dr. Agus Taufiqurrahman, M.Kes. bahwa MDMC merupakan jalan cepat menuju (menggapai) surga, sebagaimana yang disampaikan juga oleh Ketua PDM Sragen dalam sambutannya.

Kegiatan dilanjutkan tausiyah yang disampaikan oleh Wakil Ketua PWM Jawa Tengah, Prof. Dr. KH. Abdul Fatah Santoso, M.Ag.

Sebagai informasi, esok rencananya kegiatan akan dilanjutkan dengan Sarasehan Jambore SAR Muhammadiyah Indonesia yang akan digelar pada Bulan Agustus di Kabupaten Wonosobo.

Kontributor & Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE