Musabanese Torehkan 11 Tropi Penghargaan dari lomba MAPSI Kecamatan Bobotsari

0
559
Musabangga memboyong 11 Tropi Penghargaan di event MAPSI tingkat kecamatan Bobotsari Tahun 2018

PWMJATENG.COM, PURBALINGGA – Sabtu, 26 Mei 2018 Musabangga (SD Muhammadiyah 1 Purbalingga) telah menjadi saksi Mutasi maupun Rotasi pucuk pimpinan SD Negeri Se-Koorwil Pendidikan dan Kebudayaan kecamatan Bobotsari, Purbalingga. Rotasi kepemimpinan merupakan sunatullah yang harus dijalani oleh seorang pemimpin karena semua bersifat sementara dan amanah tersebut harus dilaksanakan dengan benar. Acara tersebut dikemas dengan upacara (Ceremony) Serah-terima (sertijab) dari Kepala Sekolah lama kepada Sekolah Baru yang dipimpin langsung oleh Bapak Riono, S.Pd (Ketua K3S Bobotsari) yang dimulai pukul 08.00-10.26 WIB., di SDN 1 Gandasuli yang terletak di timur-selatan Musabangga.

Di dalam rangkaian sertijab tersebut, ada hal yang sangat menarik dari sambutan Dasiman (Korwil Dikbud) yang menyebutkan: “Kepala Sekolah harus Smart, harus sadar akan adanya persaingan dan jadikan SD Muhammadiyah dengan keunggulannya untuk ditiru (contoh) bagi sekolah negeri (SD) yang lainnya”. Ada 20 SD Negeri dan 1 SD Muhammadiyah 1 Purbalingga yang berkontribusi untuk mencerdaskan anak bangsa di wilayah kecamatan “Bobotsari yang merupakan kota kecamatan yang menjadi barometer kemajuan pendidikan maupun ekonomi dan kondusifitas keamanan di kabupaten Purbalingga” sebagaimana paparan Bapak H. Tasdi, SH., MM., dalam sambutan Tarawih & Silaturahmi (Tarhim) dimasjid Raya Al-Furqon Ds. Tlagayasa Bobotsari. 26/5/2018

Tarhim diikuti oleh seluruh Forkompimda Kabupaten Purbalingga, Forkompimcam Bobotsari dan seluruh Kepala Sekolah di wilayah kecamatan Bobotsari, khususnya SD Muhammadiyah 1 Purbalingga serta masyarakat Ds. Tlagayasa sekitarnya. Tarhim yang dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan di setiap bulan Ramadhan yang telah dilaksanakan oleh Bupati sebelumnya dan sekarang dengan tujuan untuk meningkatkan jalinan silaturahmi antara pemimpin dengan masyarakatnya, membangun ukhuwah Islamiyah dan meningkatkan akhalaqul karimah sebagaimana yang tertuang dalam visi-misi Bupati kabupaten Purbalingga.

Momentum Bupati Purbalingga yang datang dengan para pejabat penting penentu kebijakan arah kemajuan dunia pendidikan di kabupaten Purbalingga. Saya mencoba untuk memposisikan sebagai tuan rumah yang baik dengan ikut menyambut, memberi ucapan selamat datang sambil bersalaman dan menyiapkan hidangan pembatal puasa dengan minuman kolak serta memberikan kartu nama yang saya sampaikan kepada Bapak Sidiq Purwanto (Kepala Perindustrian & Perdagangan kabupaten Purbalingga) sebagai sarana marketing Musabangga yang senang menyapa. Ilmu tersebut saya dapat dari Prof. Imam Robandi salah satu pembicara dalam acara Rapat Kepala Sekolah SD/ MI, SMP/ MTs dan SMA/ SMK/ MA Muhammadiyah pada tanggal 10 April 2013 di Semarang, yang diselenggarakan Bapak Drs. Bambang Gatot Hastowo, M.Pd (Ketua Panitia) dan Alm. H. Yazid Jamil Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PWM Jawa Tengah.

Di acara tersebut saya diwajibkan oleh Prof. Imam Robandi untuk hadir dengan membawa 5 seragam pakaian SD Muhammadiyah 1 Purbalingga untuk tahun pertama penerimaan peserta didik tahun pelajaran 2013/ 2014 dengan jenis bahan yang menyerap keringat dan berkualitas agar nyaman dipakai oleh peserta didik yang masih usia masa tumbuh kembang dan tidak mau diam. Sebagai bukti keseriusan Panitia Pendiri beserta PDM Purbalingga melaunching SD Muhammadiyah 1 Purbalingga pada tanggal 26 Januari 2013.

Marketing yang dibangun oleh Musabangga saat sekarang melalui media sosial, online maupun cetak dan pemasangan Billboard ukuran 4 x 6 meter di barat-utara arah jalan menuju kabupaten Pemalang-Tegal dengan konten Billboard “Pemberian beasiswa pertukaran pelajar (student exchange) kepada 3 peserta dan 1 pendamping yang telah mengadakan perjalanan keluar negeri oleh Kepala Sekda yang mewakili Bapak Bupati Purbalingga”. Adapun media marketing yang lainnya dan sekaligus pelayanan terhadap Customer adalah pembinaan terhadap peserta didik (Musabanese) yang dipenghujung bulan Sya’ban dan menjelang bulan Ramadhan tahun 1439 H. Musabanese telah menyumbangkan 11 Tropi Penghargaan dari lomba MAPSI kecamatan Bobotsari.

Dengan prestasi yang telah diraih oleh Musabanese dan Guru SD Muhammadiyah 1 Purbalingga tidak menjadikan kami “jumawa” atau merasa sombong dan merasa nyaman. Namun dari Panitia pembinaan Siswa Berprestasi (Usth. Septiana) dibawah kordinator Kabid Kesiswaan (Ust. Ali Musabangga), sekarang sedang menyiapkan pembinaan siswa tersebut untuk melangkah dan bertanding ditingkat kabupaten Purbalingga. Pembinaan dilakukan oleh guru dan pihak ketiga yang memiliki kompetensi dan sertifikat sesuai bidang keahliannya. Walaupun guru Musabangga saat ini sedang melakukan pengawasan ulangan kenaikan kelas (UKK) atau penilaian akhir semester (PAS) semester genap tahun pelajaran 2017/ 2019, kegiatan Tarhim di 3 kacamatan (Mrebet, Bobotsari dan Kertanegara), Dauroh Tahfidz di Mufourga dan persiapan Smart Parenting & Welcome Ceremony untuk menyambut 68 siswa indent tanggal 7 Juli 2018. Semua berjalan saling bersinergi, kompak dan bersungguh-sungguh untuk membangun nama baik Musabangga dengan di awali “Menata Hati, Membangun Prestasi serta Mengharap Ridla Illahi”. (Daryono, Kepala SD Muhammadiyah 1 Purbalingga)