Berita

Muhammadiyah Sabet Zayed Award for Human Fraternity 2024! Grand Syaikh Al Azhar Puji Peran Luar Biasa dalam Kemanusiaan

PWMJATENG.COM, Abu Dhabi, UEA – Pimpinan Pusat Muhammadiyah raih penghargaan pada Zayed Award for Human Fraternity 2024 dalam sebuah pertemuan yang dihadiri oleh Ketua Umum Haedar Nashir, Sekretaris Umum Abdul Mu’ti, dan Ketua Pimpinan Pusat Syafiq Mughni di Hotel Emirates Palace, Abu Dhabi, pada Ahad (4/2).

Pertemuan tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara penerimaan penghargaan internasional tersebut, di mana Grand Syaikh Al Azhar, Ahmed Mohamed Ahmed El-Tayeb, juga bertemu dengan perwakilan dari Nahdlatul Ulama (NU), Prof. Sir Magdi Yacoub, dokter ahli jantung anak dari Mesir, dan Sister Nelly Leon Correa yang diwakili Suster Lili dari Chile, yang berperan besar dalam membantu perempuan tahanan.

Grand Syaikh Al Azhar mengungkapkan bahwa ia telah lama mengenal peran Muhammadiyah dalam bidang pendidikan dan kemanusiaan global. Beliau memberikan apresiasi penuh terhadap kontribusi Muhammadiyah dan menyatakan bahwa penerimaan Zayed Award for Human Fraternity sangatlah layak.

Baca juga, Anugrah Zayed Award untuk Muhammadiyah: Bukti Peran Aktif Kemanusiaan dan Perdamaian Semesta

Haedar Nashir menyampaikan rasa terima kasih atas pengakuan Grand Syaikh terhadap peran kemanusiaan global Muhammadiyah. Beliau juga menyoroti kontribusi Grand Syaikh dalam bidang keagamaan, kemanusiaan, dan toleransi beragama. “Grand Syaikh atas peran kemanusiaannya merupakan mujadid tokoh pembaharu di abad ini,” ujar Haedar.

Penting untuk dicatat bahwa Zayed Award for Human Fraternity adalah penghargaan internasional independen yang diadakan setiap tahun untuk menghormati individu dan lembaga yang bekerja tanpa pamrih demi nilai-nilai solidaritas, integritas, keadilan, dan optimisme. Penghargaan ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2019 setelah pertemuan historis antara Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar Ahmed Al-Tayeb di Abu Dhabi, yang ditandai dengan penandatanganan Dokumen Persaudaraan Manusia.

Penghargaan ini diberikan untuk menghormati Syekh Zayed bin Sultan Al Nahyan, pendiri Uni Emirat Arab, yang terkenal atas upayanya dalam membantu semua orang tanpa memandang latar belakang atau asal mereka. Dengan meraih penghargaan ini, Muhammadiyah menegaskan komitmennya dalam mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan dan perdamaian di tingkat global.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE