Mufourga Menuju Olympicad, ini Persiapannya!

0
349

PWMJATENG.COM, PURBALINGGA – Selalu bergerak dan berusaha ikut memberi warna disetiap ajang perlombaan maupun pertandingan menjadi konsepnya MTs Muhammadiyah 04 Slinga Purbalingga (Mufourga) dan PPMTQ Daarussalaam Slinga Purbalingga (Mufourga boarding) yang beralamat di Slinga, Kaligondang.

Motivasi utama adalah memberikan pengalaman kepada peserta didik agar memiliki keberanian dan berkompetisi. Mengenai hasil akhir itu tidak menjadi prioritas utama. Selain itu, juga untuk mengukur standar penguasaan cabang lomba yang selama ini secara rutin sudah menjadi ekstrakurikuler di Mufourga.

Menurut waka kesiswaan, Machmud Yulianto, kami akan selalu berusaha mengikuti setiap event perlombaan maupun pertandingan. Tujuannya adalah untuk evaluasi penanganan siswa yang selama ini sudah dilakukan. Apabila menjadi juara, maka akan ditingkatkan intensitas latihannya. Apabila belum juara, maka akan menjadi perbaikan penanganan. “sambung Machmud.

Selanjutnya disampaikan bahwa untuk tahun ini, Mufourga mengikut sertakan siswa-siswinya di ajang lomba MTQ PELAJAR ke XXIX dan MTQ UMUM XXVII tingkat Kabupaten Purbalingga. Ada lima anak mengikuti perlombaan ini. Mereka lolos seleksi tingkat Kecamatan dan mewakili Kecamatan Kaligondang maju ke tingkat Kabupaten. Pelaksanaannya 7 – 8 Agustus 2018 di komplek pendopo Bupati Purbalingga. Event yang lain adalah akan mengikuti Olympiade Ahmad Dahlan (Olympicad) tingkat Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pada 13 – 14 Agustus 2018 yang akan datang di UMPurwokerto. Ada 3 siswa yang dikirimkan. Olympicad ini memperebutkan tiket maju tingkat nasional sebagai wakil dari Jawa Tengah. “Tambah Machmud.

Ekstrakurikuler di Mufourga memang didesain untuk persiapan perlombaan maupun pertandingan. Tahun ini ekstra yang akan dilaksanakan adalah Literasi, panahan, robotika, renang, tapak suci/taekwondo, tilawah, bahasa arab, muhadloroh, pramuka/hisbul wathan, terjemah per kata, craft serta pengembangan diri yang lain. Untuk tahfidz quran sudah bukan ekstrakurikuler lagi, sebab sudah masuk ke dalam kurikulum dengan bobot 2 jam perpekan. Semua siswa mendapat bimbingan untuk menghafal al quran.