Kabar Daerah

Maju Mundur Liga HW Pemuda Muhammadiyah, Berikut Ulasan Behind The Scene Persiapan hingga Pelaksanaannya

PWMJATENG.COM, Jepara – Beberapa waktu yang lalu, tepatnya sebelum Ramadan, PDPM Jepara berhasil menggelar Liga HW Pemuda Muhammadiyah. Bisa dibilang, perhelatan kali ini pelaksanaanya cukup singkat, namun dari pelaksanaan yang singkat terdapat hikmah dari sebuah gelaran kejuaraan sepak bola antar SMP sederajat dan SMA sederajat di bawah persyarikatan Muhammadiyah Jepara ini. Ada beberapa catatan dan keberhasilan penyelenggaraan Liga HW ini, berikut ulasannya!

Sempat Urung Digelar

Rencana awal Liga HW Pemuda Muhammadiyah Jepara ini digelar pada 12-13 Maret 2022 M, 8-9 Syakban 1443 H di Stadion Kamal Junaidi Jepara. Namun karena meningkatnya angka penyebaran covid-19 jenis omicron di Jepara, Ketua PDPM Jepara Roy Alviatoro yang juga Ketua MCCC Jepara sempat mengurungkan niat bahkan membatalkan kejuaraan akibat tingginya angka penyebaran covid-19 meski sudah melayangkan izin ke Bupati Jepara. Namun dari beberapa panitia antara lain Nurul Islah Amrullah yang juga Ketua PCPM Mayong, Andika Fajri Mubarok dan seorang sukarelawan Muhammadiyah Jepara meminta agar Liga HW tetap dilanjutkan.

Adapun alasan Ketua PDPM Jepara dengan menunda atau meniadakan Liga HW juga tidak salah, sebagai Ketua MCCC Jepara Roy Alviantoro ingin tetap menjaga nama baik Persyarikatan Muhammadiyah Jepara di saat omicron meningkat; dan keputusan dari Panitia Liga HW pun juga tidak salah bila tetap ‘ngotot’ untuk melanjutkan Gelaran Liga HW ini dengan pertimbangan antusiasme peserta yang tinggi serta persiapan sekolah yang bahkan telah membeli peralatan pendukung, juga pembentukan tim. Maka dengan begitu Amrullah, Andika, dan Sukarelawan jurnalis meminta izin kepada Roy selaku Ketua PDPM Jepara untuk tetap melanjutkan gelaran Liga HW. Gayung bersambut, Ketua PDPM Jepara mempersilakan liga untuk tetap digelar meski tanpa nama Pemuda Muhammadiyah Jepara.

Liga HW Tetap Digelar

Dengan mengantongi izin dari Ketua PDPM Jepara, panitia tetap melanjutkan rencana untuk menggelar Liga HW dengan segala keterbatasannya. Panitia inipun langsung bergerak menggaet sponsor untuk mendukung Liga HW, beberapa sponsor yang berhasil diajak bekerjasama antara lain : Universitas Muhammadiyah Kudus, Kaisar Langit Estate, RS PKU Aisyiyah Jepara dan Talenta Mihail Foundation.

Panitia tetap berkomitmen bagaimana caranya Liga HW tetap digelar meski “Ceng-ceng Po” menurut istilah Ketua Panpel Liga HW Nurul Islah Amrullah yang berarti liga yang penting terlaksana meski dengan serba kekurangan. Namun sudah kehendak Allah Swt. liga ini terlaksana dengan meriah.

Gayung Bersambut

Dengan tekad dan semangat panitia terus mempersiapkan diri. Undangan pertemuan Bupati Jepara untuk PDPM Jepara terkait perizinan Liga HW telah diterima; sempat untuk dibatalkan namun akhirnya Ketua PDPM Jepara mengajak Bidang Olahraga PDPM dan panitia datang menghadap Bupati Jepara untuk membahas kelanjutan pelaksanaanLiiga HW Pemuda Muhammadiyah Jepara. Tak dinyana, Bupati Jepara H. Dian Kristiandi sangat mendukung dan mengizinkan Liga HW ini dan memerintahkan jajarannya yakni KONI Jepara, Disdikpora Jepara untuk mendukung gelaran Liga Hizbul Wathan Pemuda Muhammadiyah Jepara.

Mendapatkan Sambutan dan Tempat Yang Representatif

Dari rencana semula digelar pada 12-13 Maret 2022 M/ 8-9 Syakban 1443 H di Stadion Kamal Junaidi Jepara mundur menjadi mundur 26-27 Maret 2022 M/ 23-24 Syakban 1443 H karena pada tanggal rencana awal stadion masih dipakai oleh Askab PSSI Jepara untuk gelaran Liga III. Panitia akhirnya memutar otak bagaimana untuk tetap mendapatkan lapangan untuk pertandingan Liga HW. Atur ulang jadwal dan lobi-lobi pun mulai dilakukan Panpel agar liga berjalan sesuai waktu yang telah ditentukan. Dan akhirnya rencana semula digelar di Stadion Kamal Junaidi akhirnya dialihkan di Stadion Gelora Bumi kartini Jepara atas izin Bupati Jepara, Askab PSSI Jepara, serta saran KONI dan Disdikpora Jepara. Semua ini sejatinya di luar dugaan peserta dan Panpel.

Baca juga, Bangun Masjid Baru, Berikut Potret Peletakan Batu Pertama Masjid Umar bin Khattab Ponpes Nurul Ilmi Bucu
Berjalan Sesuai Rencana

Pembukaan Liga HW Pemuda Muhammadiyah dilaksanakan pada 26 Maret 2022 M/ 23 Syakban 1443 H, dengan dihadiri Ketua KONI Jepara H. Syamsul Anwar, Kabid Olahraga PDPM Jepara, Wakil Ketua PDM Jepara, Ketua LSBO PDM Jepara dan segenap kontingen peserta. Pada hari pertama digelar pertandingan pra semifinal dan semifinal; sedangkan di hari kedua digelar perebutan juara 3 dan juara 1.

Adapun peraih urutan juara untuk SLTP adalah SMP Muhammadiyah Asy Syifa Blimbingrejo, SMP Muhammadiyah Keling, SMP Muhammadiyah Mlonggo, dan SMP Muhammadiyah Kalinyamatan. Sedangkan untuk tingkat SLTA : SMA Muhammadiyah Bangsri, SMK Muhammadiyah Bangsri, SMK Muhammadiyah Keling.

Terbilang Sukses

Gelaran Liga HW Pemuda Muhammadiyah Jepara ini terbilang sukses meski baru pertama kali. Gebyarnya pun mengalahkan Popda Jepara dari segi pemberitaan khususnya; hal ini tidak lepas dari peran Ketua Panpel liga HW yang juga seorang mantan Panpel Persijap, di mana pengalamannya dalam menyelenggarakan liga resmi PSSI, ia terapkan pada pelaksanaan Liga HW Pemuda Muhammadiyah Jepara.

Sebuah perjalanan yang unik dan menarik tercetusnya Liga HW Pemuda Muhammadiyah Jepara ini. Liga sekolah yang dikemas seperti liga resmi PSSI meski dari segi prestasi jauh panggang dari api. Namun Liga HW ini sudah mampu menaikkan tensi semangat para peserta. Bisa dibilang digarap bercanda hasil luar biasa.

Kontributor : Edi Sulton
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE