Lestarikan Budaya Siswa SMP Mutual Belajar Membatik

0
803
batik smp mutual
Para Siswa SMP Mutual bersemangat belajar membatik

PWMJATENG.COM, Kota Magelang – Rabu (5/11/2018) ada yang berbeda di SMP Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Pada pelajaran Seni dan Budaya mereka diajak untuk belajar membatik. Batik adalah warisan budaya bangsa yang harus dipertahankan dan dilestarikan. Berbekal inilah para siswa S

MP Mutual Kota Magelang belajar membatik secara langsung.

Mereka nampak antusias sebab harus belajar mulai proses awal hingga menjadi sebuah kain batik. Para siswa ini juga mencoba berkreasi dengan membuat desain batik dan menuangkannya langsung ke dalam lembaran kain.

smp mutual membatik
Guru SMP Mutual sedang mengajarkan cara membatik

“Praktek pembelajaran membatik ini sengaja digelar guna memantik para siswa untuk cinta terhadap warisan kekayaan budaya yang semakin hari semakin ditinggalkan oleh kaum muda. Maka dengan praktek pembelajaran membatik ini diharapkan mampu merangsang siswa untuk melestarikan dan mencintai batik sebagai budaya bangsa,” tutur Seventina kepada PWMJATENG.COM saat dihubungi.

Lebih lanjut Sevina menambahkan bahwa dunia fashion saat ini berkembang sedemikian rupa sejalan dengan era modern dan globalisasi. Maka para siswa kita harapkan bangga dan lebih mencintai produk batik sebagai budaya bangsa.

Kepala SMP Mutual Kota Magelang Wasiun, S.Pd.I, M.Pd mengatakan “Kami sangat mengapresiasi kegiatan membatik yang dilaksanakan para siswa SMP Mutual Kota Magelang. Dengan kegiatan tersebut, siswa akan mendapatkan pengalaman baru dan menjiwai bagaimana menjadi seorang pembatik,” ujarnya.

Nabil siswa kelas VII yang ikut kegiatan membatik menyampaikan perasaan senangnya dengan kegiatan ini. Ternyata membatik bukan hal yang mudah karena kita butuh waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil yang baik. (noer)