Lahirnya Kader Harapan PK IMM Ahmad Dahlan Unimus

PWMJATENG.COM, SEMARANG – Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) adakan Darul Arqom Dasar (DAD) di Pondok Pesantren Darul Arqom 4 Kendal, Kamis-Ahad, 06-09 Februari 2020.

DAD merupakan perkaderan utama tingkat pertama dari tiga tingkat perkaderan, dan juga merupakan persyaratan bagi calon pimpinan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) tingkat komisariat atau perguruan tinggi. DAD kali ini mengusung tema “Aksentuasi Cendekiawan Berpribadi,” dengan 8 materi di dalamnya antara lain Ke-Islaman, Ke-Muhammadiyahan, Ke-IMMan, Dasar Filsafat, Gerakan Mahasiswa, Simulasi Sidang, Analisis Sosial dan Managemen Aksi.

Kegiatan ini di harapkan dapat membentuk kader yang memiliki pandangan luas, dan mampu melahirkan gagasan-gagasan yang luar biasa. Seperti apa yang di katakan M.Maulidi selaku Ketua Panitia DAD. “DAD kali ini kami konsep sedemikian rupa agar kader IMM nantinya mampu melahirkan kader yang memiliki gagasan besar, bukan hanya teori yang kami berikan, mereka kami libatkan langsung ke masyarakat agar suatu saat ketika mereka kembali ke masyarakat mereka sudah terbiasa,” jelasnya.

BACA JUGA  Guru SD Muh 1 Ikuti Bimtek Asesmen Kompetensi Siswa Indonesia (AKSI) 2018

 

Dia juga menambahkan bahwa ini adalah langkah awal yang akan menentukan langkah kader kedepannya. “Langkah kader kedepannya di tentukan hari ini, dan untuk membentuk intelektualitas kader, kami membekali mereka dengan membaca buku sebagai pondasi awal mereka.

DAD dihadiri oleh Pengurus Pondok Pesantren Darul Arqom 4 dan Ketua Umum Pertama PC IMM Kendal Moh Sobirin. Dia mengatakan bahwa mahasiswa yang mengikuti DAD merupakan mahasiswa yang sangat beruntung. “Kalian yang mengikuti ini merupakan mahasiswa yang sangat beruntung, karena disinilah karakter kalian akan terbentuk.”

Dia juga menambahkan tentang manfaat apa saja yang bisa di dapat dalam oganisasi. “Kuliah itu penting, tapi itu tidak cukup untuk bekal kalian ketika berada di dunia nyata, dengan berorganisasi kalian akan mendapat banyak relasi, punya pengalaman dalam kepemimpinan, itulah yang akan membantu kalian ketika sudah lulus dari bangku kuliah,” tandasnya.

BACA JUGA  Siapkan Kader Berkarakter, PD IPM Salatiga Gelar PKTM 1

Terlihat seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti perkaderan ini, terutama ketika mereka terjun langsung ke lapangan untuk belajar bagaimana pembuatan Abon Ayam, Susu Kedelaidan Bonse yang ada di sekitar lokasi kegiatan. Ditambah lagi keseruan Simulasi Demo yang di lakukan di Lapangan Caruban, itu menjadi kesan tersendiri bagi kader yang mengikuti DAD kali ini. Dan puncaknya peserta DAD melakukan Ikrar pada malam harinya, dan penanaman Pohon Cemara Laut pada keesokan harinya di Pantai Sendang Asih sebaga implementasi atas apa yang di dapat selama empat hari ini.

Penulis Ongky Widodo (Ketua Bidang Perkaderan PK IMM Ahmad Dahlan)

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts