Editorial

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online yang Jarang Diketahui, Simak!

PWMJATENG.COM, Semarang – Tahukah Anda, belanja online kini sedang marak dilakukan oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Bukan tanpa alasan, belanja secara daring ini memiliki kelebihan tersendiri yang tidak bisa didapatkan dari belanja di pasar konvensional. Apa saja?

Meski begitu, sayangnya online shopping juga kadang menjadi boomerang bagi pengguna yang tidak hati-hati selama proses transaksi. Pasalnya banyak kasus penipuan yang terjadi belakangan ini. Untuk menghindarinya, yuk ketahui apa saja kelebihan dan kekurangan belanja online berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online yang Jarang Diketahui, Simak!

Siapa sih yang sekarang tidak gemar belanja online? Pastinya hampir sebagian dari Anda senang berbelanja di internet, ‘kan? Fenomena ini semakin populer karena dinilai memudahkan pembeli dalam bertransaksi. Namun ada juga kekurangan dari belanja online yang harus Anda waspadai:

1. Beragam Pilihan Produk

Faktanya dibandingkan membeli produk di pasar, Anda bisa memilih lebih banyak produk di toko online. Karena online shop memiliki jangkauan yang luas hingga ke luar negeri, sehingga barang yang Anda cari pun lebih bervariasi dan dapat disesuaikan dengan budget serta selera pribadi.

2. Praktis dan Efisien

Keunggulan selanjutnya dari belanja online adalah praktis dan efisien. Bagaimana tidak, Anda hanya membutuhkan smartphone dan internet saja untuk mulai berselancar mencari barang yang diinginkan sambil duduk manis di rumah. Dalam prosesnya cenderung menghemat waktu dan Anda tinggal menunggu barang sampai ke tangan.

3. Ada Banyak Pilihan Promo

Berbeda dengan belanja di toko konvensional, online shopping lebih banyak menawarkan promo menarik untuk pengguna. Anda bisa merasakan potongan harga hingga 50%, cashback, hingga gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia. Dijamin belanja bulanan Anda akan semakin hemat.

4. Sistem Pembayaran Fleksibel

Tidak usah repot menyiapkan uang cash karena belanja online mempermudah penggunanya dengan sistem pembayaran yang fleksibel. Ada beberapa jenis pembayaran yang tersedia seperti transfer rekening bank, payment voucher, credit card, hingga COD. Bahkan ada juga sejumlah marketplace yang menawarkan pembayaran cicilan.

5. Mudah Menemukan Barang yang Diinginkan

Dengan kecanggihan teknologi, Anda dapat dengan mudah menemukan barang yang diinginkan. Anda cukup mengunduh e-commerce yang dipercaya lalu lakukan pencarian menggunakan kata kunci dari produk yang sedang dicari dan pilihan barang tersebut akan muncul secara otomatis dari berbagai macam merek.

6. Risiko Barang Tidak Sesuai Ekspektasi

Karena Anda tidak bisa mencoba atau sekedar melihat kondisi barang secara langsung, maka risiko barang tidak sesuai ekspektasi pun semakin tinggi. Hal ini menjadi nilai minus yang mungkin Anda rasakan saat belanja online. Kasus tersebut bukan rahasia lagi di kalangan pecinta online shopping, jadi Anda harus lebih hati-hati dalam memilih produk.

7. Cenderung Konsumtif

Adanya kemudahan dalam berbelanja online memungkinkan Anda menjadi konsumtif dan impulsif membeli barang yang tidak dibutuhkan. Lama kelamaan kebiasaan ini akan mengganggu keuangan Anda. Kekurangan online shop tersebut memang bisa dihindari selagi Anda mampu mengontrol diri untuk tidak belanja terus menerus.

Nah itulah sejumlah kelebihan dan kekurangan belanja online. Sebenarnya online shopping sangat memudahkan Anda dalam segala hal selagi Anda menggunakan marketplace terpercaya agar terhindar dari kerugian. Daripada mencari e-commerce lain yang belum tentu aman, sebaiknya Anda belanja di Blibli saja.

Blibli merupakan marketplace yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sehingga keamanannya sudah tidak boleh diragukan lagi. Disini juga tersedia ribuan produk dari seller bergaransi, apalagi dengan adanya pilihan promo menguntungan, belanja online yang Anda lakukan pastinya akan semakin menyenangkan. Yuk unduh Blibli sekarang juga!

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE