EditorialKhazanah Islam

Keistimewaan Sedekah di Waktu Subuh: Signifikansi, Cara, dan Manfaat

PWMJATENG.COM – Sedekah subuh adalah bentuk amalan sedekah yang diberikan pada waktu yang khusus, yaitu saat subuh. Sedekah subuh sama dengan bentuk sedekah lainnya, yaitu memberikan sesuatu kepada orang yang berhak menerima dan membutuhkannya.

Keistimewaan Sedekah Subuh

Keistimewaan dari sedekah subuh masih kurang dikenal oleh banyak orang, padahal saat seseorang Muslim melakukan sedekah subuh, malaikat turun ke bumi dan segera mendoakan orang yang memberi sedekah.

Hal ini disebutkan dalam salah satu hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim dari Abu Hurairah ra., beliau berkata, “Nabi Muhammad Saw. bersabda, “Setiap awal pagi saat matahari terbit Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah. Malaikat yang satu berkata, Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.”

Ketentuan Batas Waktu Sedekah Subuh

Sedekah subuh, sesuai namanya, dilakukan oleh umat Muslim pada saat usai melaksanakan shalat subuh hingga matahari terbit.

Anjuran ini sesuai dengan hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah R.a. bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad Saw. pernah bersabda:

“Tidak ada satu subuh-pun yang dialami hamba-hamba Allah kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa: Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak, sedangkan yang satu lagi berdoa: Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan (hartanya).” (HR. Bukhari dan Muslim)

Baca juga, Hukum Membaca Qunut pada Salat Witir

Cara Melaksanakan Sedekah Subuh

Ada beberapa cara untuk melaksanakan sedekah subuh:

  1. Jika seseorang melaksanakan shalat subuh di masjid, setelahnya dapat memberikan sedekah melalui kotak amal yang tersedia.
  2. Jika shalat subuh dilakukan di rumah, setelahnya bisa mentransfer sedekah ke lembaga-lembaga sosial seperti Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu).
  3. Jika seseorang di rumah usai shalat subuh, dapat memberikan makanan kepada tetangga atau orang yang membutuhkan yang lewat di depan rumah.
Manfaat Sedekah Subuh

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari bersedekah pada waktu subuh:

  1. Pengampunan Dosa: Surah Al-Baqarah ayat 271 menyatakan bahwa “Kesalahan-kesalahanmu akan dihapuskan.”
  2. Doa Malaikat: Setiap pagi, dua malaikat berdoa. Satu malaikat mendoakan orang-orang yang bersedekah, sedangkan satu malaikat lagi mendoakan orang-orang yang bakhil.
  3. Doa Rasulullah: Orang yang memberi sedekah subuh mendapat doa dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.
  4. Pahala Tanpa Berkurang: Sedekah tidak akan mengurangi harta seseorang, karena Allah akan menggantinya dengan pahala yang lebih besar.
  5. Pahala Lipat Ganda: Allah akan melipatgandakan balasan bagi mereka yang memberi sedekah dengan ikhlas.

Dalam surat Al-Hadid ayat 18, Allah berfirman, “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.”

Dengan demikian, sedekah subuh merupakan amalan yang sangat dianjurkan karena memiliki keistimewaan yang besar dalam mendatangkan berbagai kebaikan dan pahala di sisi Allah Swt.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE