Berita

Kajian Qurban MIM PK Kartasura

PWMJATENG.COM, SUKOHARJO – MIM PK Kartasura menyelenggarakan kegiatan KANTIN (Kajian Rutin) dalam rangka meyambut Hari Raya Idul Adha (Qurban) yang bertemakan “Meneladani Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail”, bersama Bapak Ari Mulyono, S.Ag (Guru Tahfizh MIM PK Kartasura). Kajian ini menjadi sangat penting bagi anak-anak di MIM PK Kartasura sebagai bentuk pengetahuan akan perintah berqurban, jum’at (11/6).

Kajian tersebut dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting  dan live melalui chanel youtube MIMPK TV yang dihadiri siswa siswi MIM PK Kartasura, kajian ini dimulai pada pukul 09.00 yang dibuka oleh Ustadz Adam Sudrajat, S.Pd sebagai MC kemudian dilanjutkan pembacaan ayat suci al Qur’an oleh ananda Muhammad Irsyad Zufar Afandi  (peserta didik kelas 4C Tahfizh).

Hari Raya Idul adhah adalah hari yang sangat dinanti-nantikan oleh umat islam,yang di mana pada saat itu umat islam setelah sholat Idul Adhah adalah berqurban hewan yang sudah ditentukan dalam rangka untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Pada kegiatan ini Ustadz Ari Mulyono, S.Ag menyampaikan bahwa Ibadah kurban setiap Hari Raya Idul Adha berawal dari kisah kerelaan Nabi Ibrahim AS mengurbankan anak yang sangat ia cintai yaitu Nabi Ismail AS. yang bermula dari mimpinya menyembelih anaknya sendiri, Ismail AS.

KAJIAN QURBAN MIM PK KARTASURA
peserta zoom

Ibadah kurban dianjurkan untuk dikerjakan setiap tahunnya pada hari raya Idul Adha dan tiga hari tasyrik. Ibadah kurban hukumnya sunah muakkadah atau amat ditekankan pengerjaannya. Perintah bagi umat Islam untuk berkurban ini tertera dalam Alquran surah Al-Hajj ayat 34: “Dan bagi setiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan [kurban], agar mereka menyebut nama Allah atas rezeki yang dikaruniakan Allah kepada mereka berupa hewan ternak. Maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan sampaikanlah [Muhammad] kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh [kepada Allah],” (QS. Al-Hajj: 34). Selain itu, Allah SWT juga berfirman dalam surah Al-Kautsar mengenai perintah berkurban ini: “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkurbanlah (QS. Al-Kautsar: 1-2). Jelas Ustadz Ari.

Kemudian kajian ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan siswa siswi MIM PK Kartasura, dan siswa siswi cukup antusias dalam mengikuti kajian ini sampai berakhir. (Humas MIM PK Kartasura)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE