BeritaKabar Daerah

Jelang Ramadan, PDM Temanggung Gelar Pelatihan Hisab dan Pembuatan Jadwal Imsakiyah

PWMJATENG.COM, Temanggung – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Temanggung (PDM) menyelenggarakan Pelatihan Hisab dan Pembuatan Jadwal Imsakiyah Ramadan, yang berlangsung pada hari Sabtu, 17 Februari 2024, di Lantai 1 Gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah Temanggung. Acara ini sendiri berlangsung dari pukul 08.00 hingga 15.00 dan terbagi dalam 3 sesi.

Pelatihan ini dihadiri oleh tak kurang dari 25 peserta dari perwakilan tiap PCM se PDM Temanggung, AUM Pendidikan (SMP, SMK), Pondok Pesantren di bawah naungan PDM Temanggung, serta Panitia Kuliah Subuh PDM Muhammadiyah.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memastikan bahwa setiap kader, baik di PCM maupun Amal Usaha Muhammadiyah di PDM Temanggung memiliki kemampuan dalam beberapa hal, seperti menghitung jadwal salat/imsakiyah bulan Ramadan dan jadwal salat harian sepanjang tahun sesuai letak astronomis dan geografis setempat, serta mampu menghitung ketinggian hilal di seluruh tempat di Indonesia dan di belahan daratan bumi manapun. Mereka juga diharapkan mampu menghitung posisi derajat arah kiblat dan menjadi kader Muhammadiyah yang berpengetahuan tentang ilmu hisab dan pembuatan jadwal salat.

Baca juga, Tanggung Jawab dan Etika Pemimpin, Khianat Akan Dilaknat!

Narasumber dalam acara ini adalah Rofi’i Edufastama, yang sebelumnya telah mengikuti Pelatihan Manhaj Tarjih dan Pelatihan Pembuatan Jadwal Salat yang diselenggarakan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah di Universitas Muhammadiyah Surakarta tahun 2023 silam di bawah asuhan Ustaz Ir. H. Ruswa Darsono.

Pelatihan ini juga dihadiri oleh Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Daerah Muhammadiyah, Drs. KH. Muflih Wahyanto (Ketua), Drs. KH. Miftahuroudli, dan pimpinan lainnya.

Drs. KH. Muflih Wahyanto, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PDM Temanggung pada kesempatan tersebut berharap agar pelatihan ini dapat membentuk kader tarjih yang memiliki kemampuan dalam ilmu hisab untuk menghadapi tuntutan masa depan.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE