BeritaKolomTokoh

Inspirasi R.A Kartini: Guru sebagai Pengasah Pikiran dan Pendidik Budi Pekerti

Inspirasi R.A Kartini: Guru sebagai Pengasah Pikiran dan Pendidik Budi Pekerti

Oleh : Siti Nurhidayah*

PWMJATENG.COM – Banyak yang mengingat bulan April identik dengan kelahiran R.A Kartini. Pahlawan ini telah menjadi sosok inspiratif banyak perempuan. Banyak pula yang dilakukan untuk memperingati hari lahir beliau. Dari sekadar memakai pakaian kebaya, lomba-lomba keperempuanan sampai renungan menggali ide gagasan beliau.

“Seorang guru bukan hanya sebagai pengasah pikiran saja melainkan juga sebagai pendidik budi pekerti,” kalimat R.A Kartini dalam buku Habis Gelap Terbitlah Terang ini bisa menjadi salah satu bahan renungan seorang guru.

Kalimat yang disampaikan beliau sekitar tahun 1900-an ini ternyata masih relevan sampai sekarang. Di zaman milenial seorang guru tidak hanya dituntut mentransfer ilmu sesuai skillnya tetapi juga harus mampu mendidik siswanya dalam hal budi pekerti luhur.

Baca juga, Halalbihalal: Manifestasi Ajaran Islam dalam Menjaga Toleransi dan Kebersamaan

Penanaman karakter baik bukan hanya menjadi tugas guru Agama tetapi tugas semua guru mata pelajaran. Hal ini sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Pada kurikulum 2013 ada pencanangan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPPK) dan pada Kurikulum Merdeka ini digaungkan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), kedua hal ini bermuara pada terciptanya siswa yang berbudi luhur.

Sungguh ada sinergi antara kalimat bijak R.A Kartini dengan kurikulum pendidikan kita saat ini. Dan jika diterapkan secara maksimal akan lahirlah siswa-siswa yang tidak hanya pandai Ilmu Pengetahuan tetapi juga berbudi pekerti luhur.

*Guru SMP Muhammadiyah Keling

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE