BeritaKabar DaerahPWA Jateng

Ihtiar Menyelamatkan Semesta: Agenda LLHPB PWA Jateng dalam Memperingati Milad Muhammadiyah ke-111

PWMJATENG.COM, Banjarnegara – Memperingati Milad Muhammadiyah ke-111, Lembaga Lingkungan Hidup Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah Aisyiyah (PWA) Jawa Tengah berkolaborasi dengan LLHPB PDA Banjarnegara menyelenggarakan serangkaian kegiatan dengan tema “Ikhtiar Menyelamatkan Semesta” Sabtu (18/11/23). Agenda tersebut mencakup peluncuran gerakan Tanam Pohon Sistem Pola Asuh, tebar benih ikan, pelepasan burung, dan sejumlah kegiatan menarik lainnya.

Hadir dalam acara tersebut Ketua LLHPB PWA Jateng, Lilik Tri Prihantini, Koordinator Divisi LH LLHPB Deny Ana I’tikafia, Bendahara Nok Syukrilah, serta anggota Yayuk Zarkoni dan Siti Ruminten. Panitia setempat juga turut hadir, diwakili oleh Ketua PDA Banjarnegara, Siti Sofhah, dan Wakil Ketua PDA Banjarnegara, Koordinator Bidang LLHPB dan Lembaga Budaya Sosial dan Olahraga (LBSO) Nasi’ah Ningrum beserta jajaran.

Kegiatan Pendukung Milad sebagai Ikhtiar Menyelamatkan Semesta:

  1. Senam Sang Surya
    Acara dimulai dengan Senam Sang Surya, dihadiri oleh tamu undangan yang ikut serta dalam senam pagi tersebut. Nasyiah Ningrum menekankan bahwa kegiatan olahraga ini sudah berjalan selama hampir dua tahun dan diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin bagi warga Muhammadiyah.

“Kegiatan olahraga ini sudah lama berjalan hampir 2 tahun ini, sebaiknya di viralkan oleh warga Muhammadiyah agar familier dalam berolahraga dengan iringan musik bernuansa mars Muhammadiyah utk member semangat dalam bermuhammadiyah,” ujar Nasyiah.

  1. Tebar Benih Ikan
    Sebagai upaya melestarikan waduk yang baru saja diresmikan sebagai daerah wisata di Banjarnegara, dilakukan kegiatan tebar benih ikan. Deny Ana I’tikafia mengungkapkan bahwa Aisyiyah perlu berperan aktif, terutama dalam menghadapi isu stunting yang marak saat ini.

“Aisyiyah perlu ikut berperan di dalamnya, kebetulan di Milad Muhammadiyah ke 111 di bulan November adalah juga dalam rangka Hari Ikan Nasional, issu stunting yang sedang marak saat ini, Aisyiyah juga harus ikut andil berperan aktif didalamnya,” ucapnya.

  1. Tanam Pohon Sistem Pola Asuh
    LLHPB PDA Banyumas turut serta dalam menanam 1000 pohon aneka tanaman. Lilik Tri Prihantini menekankan bahwa kegiatan ini adalah bagian dari inisiasi LLHPB PWA Jateng untuk mendorong 35 LLHPB PDA di Jateng agar menanam pohon dan merawatnya selama tiga bulan berturut-turut.

“Dalam 3 bulan berturut-turut LLHPB PWA Jateng yaitu November, Desember dan Januari, menginisiasi kepada 35 LLHPB PDA se Jateng untuk tanam pohon dan harus ada yang merawatnya agar tumbuh menjadi pohon yang kuat dan bermanfaat bagi semua,” tegas Lilik.

  1. Melepas Burung Bersama
    Kegiatan pelepasan burung dilakukan sebagai bagian dari upaya ikhtiar dalam menyelamatkan semesta. Kepala Desa Wanadadi, Sigit, menekankan perlunya melindungi bumi dari berbagai bentuk pengrusakan alam sebagai bentuk empati terhadap lingkungan.

“Mari kita selamatkan bumi ini dari berbagai macam bentuk pengrusakan alam, sebagai bentuk empati kita kepada alam,” harapnya.

Acara tersebut juga didukung oleh para siswa Pondok Pesantren Sabilur Rosyad yang belajar jurnalistik, mengikuti seluruh rangkaian acara untuk disajikan sebagai rangkaian acara yang penuh makna.

Kontributor: Dafia
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.