BeritaMajelis LembagaPWM Jateng

Hadiri Wisuda Santri Akhir KMI PPM Darul Arqom Patean, Ketua LPP PWM Jateng Beri 5 Pesan Penting!

PWMJATENG.COM, Kendal¬†‚ÄstWisuda santri akhir KMI Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqom Patean pada Sabtu, 22 Juni 2024, menghadirkan Ketua Lembaga Pengembangan Pesantren (LPP) PWM Jawa Tengah, KH. M. Irzal Fadholi, sebagai pembicara utama.

Acara yang merupakan puncak kegiatan santri akhir ini juga dihadiri oleh pengurus LPP PWM Jateng, PDM Kendal, PCM dan PCA Patean, Camat Patean, Kapolsek Patean, serta seluruh wali santri kelas akhir.

KH. M. Irzal Fadholi menyampaikan lima nilai penting yang harus dimiliki oleh para alumni pesantren Muhammadiyah. “Anak-anakku para alumni Darul Arqom Patean, saya berpesan untuk memegang lima nilai dasar sebagai alumni pesantren ini,” ucap Ketua LPP PWM Jateng.

Kelima nilai tersebut adalah:

  1. Nilai Keikhlasan: “Sebagai santri dan kader umat, kalian harus memiliki jiwa ikhlas, yakni sepi ing pamrih rame ing gawe. Maksudnya, kalian harus menjalankan dakwah dengan tulus, baik disangoni atau tidak.”
  2. Nilai Kesederhanaan: “Kalian harus berjiwa sederhana dalam mengerjakan semua kegiatan di masyarakat.”
  3. Nilai Ukhuwah: “Kalian harus menjadi perekat umat.”
  4. Nilai Berfikiran Bebas dan Luas: “Kalian harus bisa melihat jauh ke depan, mempersiapkan apa yang akan kalian kerjakan di kemudian hari.”
  5. Nilai Kemanfaatan: “Kalian harus menjadi orang yang bermanfaat, baik untuk diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat.”


Baca juga, Muhammadiyah dan Tambang: Menerima atau Menolak?

KH. Irzal menekankan bahwa kelima nilai tersebut merupakan bekal utama bagi alumni pesantren Muhammadiyah, yang akan membentuk karakter unggul dan berkemajuan. Sambil berkelakar dengan Mudir Kiai Taufiq Hartono, KH. Irzal mengingatkan, “Jangan sampai alumni pesantren hanya mendapatkan budaya pesantren tanpa nilai-nilai dan ruh pesantren yang ditanamkan.”

Dengan menginternalisasi lima nilai ini, para santri diharapkan mampu membawa perubahan positif dan menjadi teladan dalam masyarakat. Wisuda ini tidak hanya menjadi momen penutup tahun ajaran, tetapi juga tonggak penting dalam perjalanan hidup para santri sebagai alumni yang berkarakter dan berintegritas.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE