AUMKabar Daerah

Fakultas Kedokteran Unimus Semakin Maju dan Berkembang, Berikut Potretnya!

PWMJATENG.COM, Semarang – Berdiri sejak 2008, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang (FK Unimus) terus fokus dalam membangun kesehatan untuk masyarakat. Selama 14 tahun, FK Unimus sudah melakukan pergantian dekan sebanyak 3 periode. Periode yang pertama yaitu Dr. Siti Moetmainnah Prihadi, Sp.OG yang merupakan dokter spesialis kebidanan dan kandungan; yang kedua Prof. Dr. dr. H. Rifki Muslim, SpB, SpU, spesialis urologi; dan yang ketiga Dr Wahyu Budi Martono Msi, Med, Sp.THT-KL Spesialis Telinga Hidung Tenggorok – Bedah Kepala dan Leher (THT-BKL).

FK Unimus menempati Gedung FK yang memiliki tujuh lantai pada tahun 2018. Sebelum bertempat digedung tersebut, FK Unimus menempati Gedung FK di Wonodri. Saat ini FK Unimus memiliki dua program studi (Prodi) yaitu S1 (Sarjana) Kedokteran dan Profesi Dokter. Masing-masing Prodi memiliki perbedaan dalam fokus studinya. Fokus Sarjana Kedokteran lebih mengarah ke bagian akademik, sedangkan Profesi Kedokteran kepada praktikya.

“Sebenarnya kedua prodi ini merupakan satu kesatuan, karena Prodi Profesi Dokter ini merupakan lanjutan dari Prodi Sarjana Kedokteran. Jadi mahasiswa yang sudah lulus dan mendapatkan title S.Ked, secara otomatis dapat masuk ke Prodi Profesi Dokter,” pungkas Dr. Wahyu saat ditemui redaksi, Jumat (18/3/2022).

Dr.Wahyu juga menyatakan bahwasanya dalam FK tidak bisa jika hanya mendirikan Sarjana Kedokteran saja atau sebaliknya.

*

Kemudian, saat ini jumlah dosen pada Prodi Sarjana Kedokteran ada 49 dengan jumlah 592 mahasiswa. Sedangkan pada Profesi Dokter jumlah dosen ada 38 dengan 190 mahasiswa. Selama periode 2008-2022 FK Unimus Sudah meluluskan sebanyak 397 dokter yang tersebar diseluruh Indonesia.

Selain lulus sebagai dokter, beberapa alumni mahasiswa FK Unimus juga sudah menjadi direktur pada beberapa RS di Indonesia terkhusus RS Swasta. Seperti RS Muhammadiyah Blora, RS Muhammadiyah Sumbawa, RS Muhammadiyah solo dan RS lainnya.

Adapun lulusan yang memutuskan untuk melanjutkan Program Pendidikan Dokter Spesialis dan melanjutkan Pendidikan Magister (S2). Untuk saat ini belum ada lulusan dari Program Pendidikan Dokter Spesialis, karena FK Unimus merupakan Fakultas yang baru berdiri.

FK Unimus juga memprioritaskan alumninya yang pandai direkrut menjadi dosen, hal tersebut dikarenakan para dosen sudah paham terhadap karakter alumninya.

Selanjutnya terkait dengan sistem pendidikan di FK memiliki keistimewaan dibandingkan dengan fakultas lain. Kalau fakultas lain setiap semesteran ada ujian mid semester dan ujian akhir semester, tapi tidak dengan FK.

Baca juga, Gali Potensi Kader, Pesma KH Mas Mansur UMS Datangkan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah dan Content Creator

“Di FK setiap semesternya menggunakan sistem 3 blok, yang terdiri dari 6-7 minggu per semester. Selama satu semester mahasiswa harus menghabiskan mata kuliahnya misal anatomi, fisiologi histologi dan sebagainya. Setelah satu blok habis, kemudian ada ujian tengah blok dan akhir blok. Ketika 3 blok sudah tuntas, baru dilanjutkan semester selanjutnya. Jadi itu yang membuat FK istimewa,” tegas Dr.Wahyu.

Jadi belajar sitem kebut semalam tidak dapat diterapkan di FK, karena terdapat banyak tugas dan banyak ujian. Sehingga jika sudah lanjut di Profesi Dokter, mahasiswa tidak akan merasakan libur, walaupun hari minggu, tanggal merah dan lebaran tetep harus masuk. Itu karena seorang dokter harus jaga di RS atau Puskemas, kecuali jika sudah dapat giliran libur.

“Sejak awal semester, selain kami menyaring tes akademik, namun juga menyaring tes psikiatri agar bisa melihat seberapa besar dan seberapa mampu calon mahasiswa FK mengatasi stressnya sendiri maupun stress orang lain. Karena stress di FK itu besar sekali dan anak pinter tidak menjamin bisa mengelola stress dengan baik,” ungkap Dr.Wahyu.

Kemudian Dr.Wahyu menyampaikan pesannya kepada mahsiswa dan alumni. “Saya berpesan kepada mahasiswa dan alumni agar niatkan semua untuk ibadah, bukan hanya sekedar mendapatkan materi. Karena dunia akan dapat, akhirat juga akan dapat Ketika niatnya ibadah,” pungkas Dr.Wahyu.

Saat ini FK Unimus sedang membangun RS Unimus yang rencannya pada bulan Agustus 2023 sudah siap beroperasi. (Iman)

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE