Berita

Dr. Teguh HP : Mahasiswa Sebagai Tombak Peradaban

PWMJATENG.COM, SEMARANG – Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), menyelenggarakan acara Orientasi Almamater dan Organisasi, di Aula Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGMP) Unimus, Kamis (12/9).

Ketua Majelies Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jateng, Dr. Teguh Hadi Prayitno, sedang menyampaikan materi didepan Mahasiswa FMIPA Unimus.

Kegiatan orasi yang diselenggarakan oleh aktivitas mahasiswa FMIPA Unimus tersebut, diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dari Fakultas MIPA Unimus.

Mahasiswa adalah pelopor generasi muda. Mahasiswa sebagai agen perubahan yang akan merubah sekecil apapun masalah yang ada di negeri tercinta. Akan tetapi pantaskah jika mahasiswa yang seharusnya menjadi sosok intelek berubah menjadi sosok yang anarkis dan penuh kekerasan di jalan?. Mahasiswa yang seharusnya akrab dengan masyarakat, harus tahu tindakan seperti itu tidak akan menyelesaikan masalah.

” Pada kesempatan ini di FMIPA Unimus ini, saya menyampaikan tentang mahasiswa sebagai tombak peradaban. Inti dari yang saya sampaikan adalah bahwa mahasiswa mempunyai tanggung jawab sebagai agen perubahan, kontrol sosial serta kekuatan moral. Selain tanggung jawab pribadi yang nilainya harus bagus dan berprestasi, mahasiswa harus kritis terhadap apa  yang ada dilingkungan, baik di lingkungan kampus, lingkungan di tingkat regional maupun di tingkat nasional. Harapan inilah yang saya sampaikan agar para mahasiswa sadar sejak dini, mereka kritis, dan mereka adalah calon calon penerus bangsa. Sehingga bukan hanya menjadi jam lonceng saja “kuliah kos kuliah kos”, tetapi mereka harus mempunyai kemampuan – kemampuan yang lain.”

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Majelis Pustaka dan Informasi (MPI) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah, Dr. Teguh Hadi Prayitno, ketika mengisi materi pada acara orasi mahasiswa FMIPA Unimus, di Aula RSGMP Unimus, pada Kamis (12/9).

Tak hanya menyampaikan itu saja, Ketua MPI PWM jateng tersebut juga menceritakan tentang perjalanan pendidikannya ketika menjadi seorang mahasiswa, hingga bisa berhasil seperti saat ini. Hal tersebut disampiakan kepada para  mahasiswa, agar mereka menjadi mahasiswa yang tangguh, lebih bersemangat dan tidak pantang menyerah dalam menggapai cita – cita yang mereka harapkan.

Sementara itu, salah satu panitia, Cindy Anggi, menyampaikan, ” salah satu tujuan dari acara ini adalah agar mahasiswa mengetahui perannya menjadi mahasiswa yang sesungguhnya dan menjadi mahasiswa yang lebih baik.” (it)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE