BeritaKabar Daerah

Disambut Antusias! Ratusan Jamaah Padati Taman Parkir Kottabarat untuk Tunaikan Salat Iduladha

PWMJATENG.COM, Surakarta¬†‚ÄstRatusan jamaah memadati taman parkir Kottabarat untuk melaksanakan salat Iduladha yang diselenggarakan oleh Takmir Masjid Kottabarat pada Senin (17/6). Acara ini dipimpin oleh Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kottabarat Solo, Joko Susilo, yang bertindak sebagai imam dan khatib.

Dalam khotbahnya, Joko Susilo mengingatkan jamaah tentang pentingnya melandasi ibadah kurban dengan ketakwaan dan keikhlasan. Menurutnya, tanpa kedua nilai tersebut, ibadah kurban akan sia-sia. Ia mengacu pada sejarah kurban yang dilakukan oleh putra Nabi Adam, Qabil dan Habil.

‚ÄúSyariat berkurban perlu dilandasi nilai takwa dalam hati kita terlebih dahulu. Tanpa ketakwaan, ibadah kurban sia-sia. Sebagaimana sejarah peradaban kurban yang dilakukan oleh putra Nabi Adam, Qabil dan Habil. Tidak semua kurban diterima Allah Swt. Hanya kurban yang dilandasi ketakwaan dan keikhlasan yang diterima Allah Swt.,‚ÄĚ jelasnya.

Joko Susilo mencontohkan karakter Habil yang memiliki nilai takwa dan keikhlasan dalam berkurban, berbeda dengan Qabil yang berkurban dengan kedengkian untuk mendapatkan istri cantik. Kurban Qabil bahkan hanya berupa hasil tanaman, yang dalam tafsir kurang sesuai dengan syariat. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya berkurban sesuai syariat dengan menggunakan kambing, unta, atau sapi.

Baca juga, Muhammadiyah Membangun Bangsa

‚ÄúSekali lagi, mari kita berkurban dengan dilandasi nilai ketakwaan dan keikhlasan serta selalu berdoa kepada Allah SWT, ‘Ya Robb, terimalah amal perbuatan kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,’‚ÄĚ tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Hendro Susilo, melaporkan bahwa pelaksanaan salat Iduladha di Kottabarat berjalan lancar dan sukses dengan dihadiri oleh sekitar 700 jamaah. Pelaksanaan salat Iduladha ini mencakup dua agenda besar: salat Iduladha pada Senin dan penyembelihan hewan kurban pada Selasa.

‚ÄúAlhamdulillah, pelaksanaan salat Iduladha berjalan lancar. Kurang lebih 700 jamaah ikut salat Iduladha. Insya Allah, Selasa Takmir Masjid Kottabarat akan melakukan penyembelihan 8 ekor sapi sebagai hewan kurban,‚ÄĚ jelasnya.

Hendro Susilo juga berharap agar kegiatan Iduladha dan kurban ini dapat meningkatkan kesalehan sosial di kalangan masyarakat.

Dengan suksesnya acara ini, diharapkan semangat kebersamaan dan ketakwaan umat semakin kuat, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya nilai-nilai ketulusan dan pengorbanan dalam menjalankan ibadah kurban. Rangkaian kegiatan ini tidak hanya menjadi momen ibadah, tetapi juga ajang mempererat silaturahmi dan memperkuat rasa saling peduli di antara umat Islam.

Kontributor : Aryanto
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE