BeritaOrtom

Dihadiri Ratusan Tamu Undangan, Kwarwil HW Jawa Tengah Periode 2023-2028 Resmi Dikukuhkan

PWMJATENG.COM, Purworejo – Bertempat di Aula Kasman Singodimejo, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Kwartir Wilayah (Kwarwil) HW Jawa Tengah Periode 2023-2028 resmi dikukuhkan, Sabtu (21/10/23).

Kegiatan pengukuhan ini diawali launching lagu dan video clip “Dongan Panduku” produksi Bidang Humas dan Teknologi Informasi Kwarwil HW Jawa Tengah dengan melibatkan Qobilah dan Kwarda, di antaranya Qobilah Universitas Muhammadiyah Purworejo, Qobilah SMK Muhammadiyah 3 Gemolong, SMA Muhammadiyah 2 Kota Magelang, SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo, dan Kwarda HW Klaten.

Hadir dalam pengukuhan ini Ketua Kwarpus HW Jawa Tengah Aman Suyadi, Wakil Ketua PWM Jawa Tengah Drs. KH. Jumari, Pimpinan Ortom tingkat Wilayah, DPS Lazismu Jawa Tengah Agus Miswanto, Ketua PDM Purworejo Pudjiono, BPH dan Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo Teguh Wibowo, serta para tamu undangan lainnya.

Ketua Kwarwil HW Jawa Tengah, Taufiq, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung setiap program Kwarwil HW Jawa Tengah, salah satunya pengukuhan ini.

“Muhammadiyah Jawa Tengah (pada periode ini) mengambil tagline unggul berkemajuan. Maka HW Jawa Tengah pada periode ini juga menerapkan pengukuran kinerja melalui KPI, sebagaimana yang digunakan juga di PWM Jawa Tengah,” ucap Taufiq.

Ia menegaskan bahwa, amanat Musywil yang lalu menjadi basis dari perumusan rencana kerja HW Jawa Tengah ke depan.

Baca juga, Struktur Kwarwil HW Jawa Tengah Periode 2023-2028

“Ingat, HW adalah sistem pendidikan di luar rumah dan sekolah. Maka dari itu, sasaran dakwah kita itu anak-anak, remaja, dan pemuda di Indonesia,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Ketua Kwarwil HW Jawa Tengah menegaskan kembali bahwa dengan semangat fastabiqul khairat, HW Jawa Tengah akan menjadi unggul dan berkemajuan.

Rektor UM Purworejo, Teguh Wibowo, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada segenap hadirin yang hadir di Aula Kasman Singodimejo.

“Kami ucapkan terima kasih atas kehadiran bapak ibu semua. Dan kami sampaikan permohonan maaf apabila terdapat kekurangan dalam penyambutan dan pelayanan yang kami berikan,” kata Teguh.
Aman Suyadi, Ketua Kwartir Pusat Hizbul Wathan yang hadir secara langsung menyampaikan selamat atas dikukuhkannya Kwarwil HW Jawa Tengah Periode 2023-2028.

“Saya berharap HW Jawa Tengah langsung bisa bergerak. Seperti accu, diisi langsung start. Di Jawa Tengah ini memang banyak dinamika yang terjadi, namun semua itu adalah upaya kita untuk memajukan HW,” ucap Aman.

Baca juga, Musywil Sukses Digelar, Kwarwil HW Jateng Sampaikan Hasil dan Laporan kepada Pleno PWM

Kader asli Banyumas, Jawa Tengah ini juga menyampaikan bahwa kerja sama antara Kwarwil dengan Kwarpus agar terus berlanjut. Masukan-masukan dari Kwarwil HW Jawa Tengah juga kami nanti.

“Kami sudah komunikasi dengan PP ‘Aisyiyah. Mereka merasa terbantu dengan adanya Pandu Tunas Athfal yang telah digagas oleh HW, dan diawali HW Jawa Tengah. Selain itu, kami juga sudah berkomunikasi dengan Majelis Diktilitbang dan sudah bersepakat bahwa Hizbul Wathan di PTM/A akan mendapatkan tempat. Bahkan nantinya di dalam indikator penilaian PTM/A, keaktifan HW akan menjadi penilaian Majelis Diktilitbang,” tegas Aman.

Wakil Ketua PWM Jawa Tengah Drs. KH. Jumari yang hadir pada kesempatan kali ini mengucapkan selamat dan sukses atas pengukuhan Kwarwil HW Jawa Tengah. Ia mendoakan agar Kwarwil HW Jawa Tengah dapat menjalankan amanah dengan baik.

“Ada tiga level partisipasi pimpinan, baik Ortom maupun AUM. Sebagai firman Allah Swt. dalam Surat An-Nahl ayat 90 yakni berlaku adil-melakukan apa yang menjadi kewajibannya. Harapannya, Pimpinan tidak hanya melakukan apa yang menjadi kewajiban, namun naik level menjadi ihsan. Level selanjutnya adalah yang melakukan sesuatu atas dasar cinta,” ucap Kiai Jumari.

Kiai Jumari juga berpesan bahwa seorang pimpinan harapannya sudah selesai dengan dirinya sendiri.

“Anda sekalian adalah pimpinan. Seorang pimpinan berbeda dengan yang bukan pimpinan. Maka, seorang pimpinan harus menjadi teladan bagi para anggotanya, dan masyarakat,” imbuhnya.

Di akhir sambutannya, Kiai Jumari membuka Rapat Kerja Kwartir Wilayah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Jawa Tengah.

Pengukuhan Kwarwil HW Jawa Tengah ini dilanjutkan dengan Rapat Kerja Kwartir Wilayah yang diikuti oleh Anggota Kwarwil HW Jawa Tengah, Anggota Bidang Kwarwil HW Jawa Tengah, serta Pimpinan Kwarda HW se-Jawa Tengah.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.