BeritaKhazanah Islam

Dari Halaqah Al-Qur’an Menuju Kedigdayaan

Dari Halaqah Al-Qur’an Menuju Kedigdayaan

Oleh : Izzudin Syaifulhanani

PWMJATENG.COM –  Sudah masyhur dalam tradisi Islam bahwa penyebaran ilmu dimulai dalam beraneka ragam cara. Salah satunya adalah lewat majelis-majelis keilmuan baik di zaman nabi maupun di zaman generasi setelah beliau. Sebagaimana tergambar pada hadis keutamaan bermajelis ini:

وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِى بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ


 “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) membaca Kitabullah dan saling mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan), mereka akan dinaungi rahmat, mereka akan dilingkupi para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di sisi para makhluk yang dimuliakan di sisi-Nya” (HR. Muslim no. 2699).

As-sakinah menurut Syaikh Khalid Al-Sabt adalah ketenangan hati, kekhusyuan, ketenteraman jiwa dan pikiran yang nyaman. Sehingga, jika ketenangan jiwa telah kita dapatkan, tentu inspirasi akan hilir-mudik menyambangi kita. Maka tidak heran jika ketenangan jiwa menjadi hal yang mahal pada akhir-akhir ini. Terbukti dari berbagai video bergenre healing yang viral menunjukkan bahwa harga ketenangan jiwa itu mahal. Padahal itu semua bisa juga didapat dalam majelis-majelis keilmuan. Sedangkan “dinaungi rahmat” berarti hilangnya kedengkian dalam diri. Seseorang yang hilang rasa dengkinya, mudah baginya untuk bersosialisasi. Sehingga, team work akan terbangun dan terbentuklah koneksi yang solid.

Baca juga, Jangan Salahkan Rakyat, Salahkan Penguasa!

Adapun “dilingkupi malaikat” bermakna para malaikat senantiasa membersamai dan mendoakan orang-orang yang bermajelis tersebut. Jika malaikat hadir, tentunya syaitan akan menjauh dan hilang pula bisikan-bisikan keburukan. Sehingga tersisalah suasana positif yang mendukung kegiatan transfer ilmu.

Sedangkan Allah menyebut-nyebut orang yang bermajelis di hadapan penduduk langit mengisyaratkan bahwa Allah meridai para ahli majelis. Jika Allah telah meridai, maka siapa lagi yang bisa membuat celaka?. Sehingga mantaplah keyakinannya, keputusannya dan langkahnya dalam urusan hidup.

Sedemikian besarnya efek dari majelis-majelis Qur’an ini bukan? Maka tidak heran jika dalam 30 tahun mampu menaungi sepertiga dunia, menjadi penantang baru dua negara adi daya Persia  dan Romawi, menjadi rujukan keilmuan dan peradaban Eropa yang saat itu sedang berkubang dalam kemerosotan.

Betul, dari halaqah-halaqah kecil itulah kejayaan Islam bermula. Bahwa halaqah-halaqah itu bukanlah sekedar majelis biasa, namun ia adalah seminar akhirat. Maka apakah ada buku terbaik selain ini (alquran)? Milyaran kali dibaca di dunia, paling banyak dikaji, dikomparasi, diimplemetasi, diselaraskan dengan sains, trilyunan eksemplar dicetak? Ya, di dalam halaqah-halaqah itulah kitab pedoman paling bergengsi ini dikaji.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE