Berita

Bongkar Rahasia ‘My Parents, My Bestie’ dalam Webinar Parenting Bersama Psikolog Elly Risman

PWMJATENG.COM, Surakarta – Era digital dan teknologi memunculkan tantangan baru bagi orang tua dalam mengasuh anak-anak mereka. Oleh karena itu, SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menggelar acara webinar parenting dengan menghadirkan pakar psikolog anak, Elly Risman, S.Psi, pada Minggu (18/2/2024). Tema yang diangkat dalam acara ini adalah ‘My Parents-My Bestie’.

Kepala Sekolah, Muhdiyatmoko, M.Pd., menjelaskan pentingnya kegiatan webinar parenting di tengah arus informasi yang begitu deras pada era sekarang. Ia menyoroti bahwa kebersahabatan antara orang tua dan anak merupakan kunci penting dalam pembinaan keluarga.

“Dengan membangun hubungan yang dekat dan nyaman antara orang tua dan anak, kita dapat menghadapi tantangan yang dihadapi oleh anak dengan lebih baik. Orang tua menjadi tempat curhat yang ideal bagi anak-anak,” ujarnya.

Muhdiyatmoko juga mengundang seluruh orang tua, guru, dan alumni SMP Muhammadiyah PK serta Perguruan Muhammadiyah PK Kottabarat untuk mengikuti acara ini. Ia menekankan bahwa kedekatan antara orang tua dan anak dapat meminimalisir masalah yang mungkin diungkapkan anak di media sosial.

“Melalui webinar ini, kami berharap dapat memperkuat hubungan antara orang tua dan anak. Semakin dekat hubungan tersebut, semakin besar potensi anak untuk berkembang dengan baik,” tambahnya.

Baca juga, Ketua PWM Jateng Himbau Semua Pihak untuk Bersikap Dewasa dan Berjiwa Ksatria dalam Menanggapi Hasil Pemilu

Terkait dengan prestasi belajar di sekolah, Muhdiyatmoko menekankan bahwa kedekatan antara orang tua dan anak memiliki dampak yang signifikan. “Kedekatan ini dapat berpengaruh positif terhadap prestasi akademis anak di sekolah. Anak-anak yang memiliki hubungan yang baik dengan orang tua cenderung memiliki prestasi yang lebih baik,” paparnya.

Ustazah Dhea Ajeng Gading Paninggar, S.Pd., Guru Bimbingan Konseling, juga menyampaikan bahwa tema ‘My Parents, My Bestie’ dapat membantu orang tua memahami dan mendekati anak-anak mereka yang sedang memasuki fase remaja.

“Orang tua sering merasa kesulitan untuk memahami dunia anak-anak, terutama saat anak memasuki masa remaja. Melalui webinar ini, diharapkan orang tua dapat menemukan cara yang lebih baik untuk berkomunikasi dan mendekati anak-anak mereka,” ungkapnya.

Moderator acara webinar berharap bahwa orang tua dapat mengambil manfaat dari ilmu yang dibagikan dalam acara ini. Menurutnya, kerjasama antara guru di sekolah dan orang tua di rumah sangat penting dalam mendukung perkembangan anak-anak.

“Dengan adanya sinergi antara guru dan orang tua, kita dapat memberikan dukungan yang kokoh bagi anak-anak dalam proses tumbuh kembang mereka,” tutupnya.

Kontributor : Aryanto
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE