AUMBerita

Bongkar Rahasia! Mahasiswa UMS Lulus Tanpa Skripsi dengan Pelatihan Artikel Ilmiah

PWMJATENG.COM, Surakarta – Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Pelatihan Penulisan Artikel Luaran Tugas Akhir Skripsi Batch 1. Kegiatan ini, yang berlangsung pada Senin-Selasa, (5-6/2/2024) di Ruang Diskusi Lantai 1, Gedung Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS, bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah berkualitas.

Menurut PIC Pelatihan, Hardika Dwi Hermawan, S.Pd., M.Sc.ITE., pelatihan ini didasari oleh perlunya pendampingan bagi mahasiswa akhir yang ingin melahirkan karya ilmiah berkualitas tanpa harus menyusun skripsi.

“Pelatihan ini merupakan pendampingan bagi mahasiswa akhir untuk bisa melakukan publikasi ilmiah. Fenomena program OBE atau lulus tanpa skripsi ini sudah beberapa tahun di UMS. Sehingga kami rasa mahasiswa butuh pendampingan secara intens, jadi itu lah yang membuat Perpustakaan UMS hadir membersamai perjuangan mahasiswa untuk menghasilkan luaran artikel ilmiah yang berkualitas,” jelasnya.

Baca juga, Penyerahan Penghargaan Zayed Award kepada Muhammadiyah: Bukti Kiprah dalam Kemanusiaan dan Perdamaian

Peserta pelatihan diminta untuk menyusun manuskrip artikel ilmiah dan sudah melakukan seminar proposal. Antusiasme mahasiswa terhadap kegiatan ini sangat tinggi, dengan 38 mahasiswa mendaftar hanya dalam waktu 3 jam pembukaan pendaftaran.

Setelah mendapatkan materi, peserta dibagi menjadi 6 kelompok kecil dengan pendamping masing-masing kelompok. Tujuannya adalah agar naskah yang dihasilkan dapat disubmit ke jurnal-jurnal terkemuka seperti Prosiding Scopus, SINTA 3, dan Jurnal Internasional Terindex Scopus.

Hardika berharap kegiatan ini dapat memfasilitasi lebih banyak mahasiswa UMS dan akan melakukan evaluasi serta perbaikan berdasarkan hasil survei dari batch pertama. Dalam survei tersebut, 90% peserta menyatakan pemahaman mereka tentang proses submit paper meningkat setelah mengikuti pelatihan ini.

Salah satu peserta, Lutfiyah, menyatakan kepuasannya terhadap pelatihan ini. Menurutnya, pelatihan memberikan pemahaman tentang alur publikasi jurnal dan teknik pembuatan artikel yang baik. Diharapkannya, pelatihan semacam ini dapat dilanjutkan secara rutin untuk membantu mahasiswa dalam menyelesaikan studinya tanpa skripsi.

Kontributor : Fika
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE