AUMBerita

Biro Kemahasiswaan UMS Adakan Sosialisasi Skema PKM

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengadakan webinar series Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Webinar tersebut bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pelatihan kepada para mahasiswa UMS.

Dalam pembukaan webinar series (13/11), Ir. Muhammad Al Fatih Hendrawan, S.T., M.T. melaporkan, pada tahun 2023 terdapat 1.853 judul proposal yang mengikuti seleksi internal UMS, dan sebanyak 399 proposal diunggah di Simbelmawa, dan 46 proposal mendapatkan dana ataupun insentif. Dia juga melaporkan bahwa di tahun ini, terdapat dua tim yang lolos hingga ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Webinar Series PKM ini akan berlangsung selama empat hari dimulai dari 13-16 November melalui Zoom Meeting dan disiarkan pada saluran youtube resmi Kemahasiswaan UMS. Dalam webinar tersebut, semua skema PKM dipaparkan. Skema PKM tersebut adalah PKM-RE (Riset Eksakta), PKM-RSH (Riset Sosial Humaniora), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-PM (Pengabdian Masyarakat), PKM-PI (Penerapan IPTEK), PKM-KC (Karsa Cipta), PKM-KI (Karya inovatif), dan PKM-VGK (Video Gagasan Konstruktif).

“Webinar ini merupakan rangkaian tahap awal dalam rangka penerimaan dan proses seleksi PKM untuk pendanaan tahun 2024,” ungkap Fatih Hendrawan.

Fatih juga menyebutkan, beberapa tanggal penting yang perlu dicatat oleh mahasiswa. Rangkaian seleksi internal proposal PKM dibuka pada 13 November, dan masa unggah proposal melalui simpkm.ums dimulai pada 30 November – 7 Januari 2024. Kemudian pemberian review 15-20 Januari, dan dilanjutkan pengumuman seleksi proposal.

Baca juga, Mari Turut Berpartisipasi pada Gerakan Infak Pendidikan Milad 111 Tahun Muhammadiyah!

“Setelah diumumkan hasil seleksinya, maka setiap tim yang lolos diseleksi internal akan dilakukan pembinaan-pembinaan dan perbaikan dari hasil review. Sehingga nanti betul-betul berkualitas proposal PKM adek-adek, menjadi siap unggah ke Simbelmawa dan siap untuk didanai,” ungkap Kabag Penalaran, Kreativitas & Soft Skill Biro Kemahasiswaan UMS itu.

Dia juga berharap. ada peningkatan jumlah proposal yang lolos untuk didanai atau mendapatkan insentif dari pemerintah.

Dalam kesempatan itu pula, Wakil Rektor III UMS Ihwan Susila, S.E., M.Si., Ph.D., menyampaikan bahwa PKM merupakan program yang dirancang agar mahasiswa memiliki inovasi dan kreativitas.

“Program ini memang dirancang agar mahasiswa memiliki nilai inovasi dan kreativitas melalui sebuah program yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia, yang tentu ini akan menjadikan bagian dari pemerintah dan tentu UMS. Dan kita sudah memiliki banyak pengalaman dan banyak prestasi saya kira,” ujar Ihwan Susila.

Ihwan Susila juga menyambut dengan hangat kegiatan webinar series yang diusung oleh Biro Kemahasiswaan UMS itu.

“Dan tentu saya menyambut gembira karena ini sudah dimulai sejak dini untuk bisa menyiapkan proposal dengan baik,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, dia berpesan agar mahasiswa tidak perlu khawatir ketika berhadapan dengan universitas lain yang memang memiliki kualitas yang baik yang dibuktikan dengan sudah banyak yang lolos PIMNAS.

Namun hal tersebut tidak menjadikan ketidakmungkinan bagi UMS. sebab UMS juga telah mempersiapkan dari awal dan faktanya banyak proposal dari UMS yang lolos untuk didanai atau mendapatkan insentif, serta lolos hingga PIMNAS.

Wakil Rektor III UMS juga mengatakan, bahwa PKM ini menjadi salah satu usaha untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, karena melalui PKM banyak skill yang dapat diasah.

“Ketika kita bisa menyusun proposal dengan baik, artinya kita sudah memiliki kemampuan komunikasi terutama komunikasi tertulis dan tentu saja nanti ketika presentasi ada kompetensi lain yaitu komunikasi lisan dan sebagainya,” papar Ihwan.

Selain itu, PKM juga menjadi ruang mahasiswa untuk berkreasi, menimba pengalaman untuk bekerja dalam sebuah teamwork dan mengerjakan sebuah project, tambah Ihwan Susila.

“Tentu saja ini akan sangat bermanfaat untuk daya saing lulusan. Dan oleh karena itu manfaatkan sebaik-baiknya webinar series ini,” pungkasnya.

Kontributor : Maysali
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.