AUMBerita

Peringatan HUT ke-66 UMS: Deretan Penghargaan untuk Dosen dan Mahasiswa Berprestasi

PWMJATENG.COM, Surakarta – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memberikan apresiasi kepada dosen, tenaga pendidikan, dan mahasiswa berprestasi dalam rangka peringatan hari jadi ke-66 yang berlangsung di Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS, Kamis (24/10). Berbagai penghargaan ini mencerminkan komitmen UMS untuk meningkatkan prestasi dan kualitas pendidikan di lingkungan kampus.

Pada acara tersebut, Rektor UMS memberikan penghargaan dalam berbagai kategori, di antaranya adalah Apresiasi Lulus Doktor Tahun 2024, Apresiasi Dosen dengan Jabatan Fungsional Lektor Kepala Tahun 2023-2024, serta Apresiasi Lulus Uji Kompetensi yang Direkomendasikan sebagai Profesor Tahun 2023-2024.

Salah satu penerima penghargaan istimewa adalah Muhammad Labib Qotrun Niam, mahasiswa Fakultas Farmasi, yang berhasil menjadi finalis dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat nasional tahun 2024. Labib mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya atas pencapaian tersebut. “Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi atas perjuangan saya di ajang mahasiswa berprestasi. Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta seluruh Indonesia mengirimkan perwakilan terbaik dalam lomba tingkat nasional ini, yang berlangsung di Sulawesi, Gorontalo, pada bulan Agustus lalu,” ujarnya, Sabtu (26/10).

Baca juga, Santri dalam Sejarah Peradaban Islam

Labib menjelaskan bahwa untuk mencapai level ini, dia harus melalui seleksi ketat dalam empat tahap, mulai dari tingkat universitas, LLDIKTI, tingkat daerah, hingga akhirnya tingkat nasional. Ia pun bangga bahwa UMS berhasil masuk dalam 15 besar universitas terbaik nasional dalam ajang tersebut. “Kemarin, UMS dipanggil dan berhasil menduduki posisi 15 besar tingkat nasional,” jelasnya.

Penghargaan lain yang diberikan meliputi Apresiasi Dosen Lulus Uji Kompetensi yang Direkomendasikan untuk Jabatan Lektor Kepala Tahun 2023-2024, Juara 1 Inovasi Tenaga Kependidikan, dan Dosen Terbaik dalam Pengabdian Masyarakat Berkelanjutan Tahun 2024.

Kuswaji Dwi Priyono, Kepala Bidang Pengembangan dan Persyarikatan di Lembaga Pengabdian Masyarakat UMS, juga menerima penghargaan atas kenaikan jabatannya menjadi Profesor pada periode 2023-2024. Selain itu, apresiasi untuk Indeks Kinerja Pegawai Tenaga Kependidikan Putra Tahun 2024 diraih oleh Suwinarno.

Kuswaji berharap agar UMS terus mencetak kader unggul di berbagai bidang, seperti penelitian, pendidikan, pengajaran, dan pengabdian masyarakat. “UMS harus mampu mencetak generasi yang tidak hanya berprestasi di tingkat nasional tetapi juga siap bersaing di kancah internasional,” tegasnya.

Kontributor : Habibah
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE