Berita

Lulusan Poltekkes Surakarta Serbu Pasar Kerja, Siap Bersaing di Dalam dan Luar Negeri!

PWMJATENG.COM, Surakarta – Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Surakarta kembali menggelar Sidang Terbuka Senat dengan agenda Wisuda Ahli Madya, Sarjana Terapan, dan Profesi Kesehatan Periode II Tahun 2024. Acara yang berlangsung di Gedung Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS pada Rabu (23/10) ini diikuti oleh 1.781 wisudawan dari 20 program studi yang ada di Poltekkes Kemenkes Surakarta.

Rincian wisudawan terdiri dari 329 lulusan Program Profesi, 711 lulusan Sarjana Terapan Kesehatan, dan 741 lulusan Diploma III. Direktur Poltekkes Kemenkes Surakarta, Sudiro, menyampaikan dalam laporan resminya bahwa 98,93% dari seluruh peserta Ujian Akhir Program berhasil lulus tepat waktu, dengan total 1.761 wisudawan.

“Sebanyak 96% dari lulusan tahun 2024 mencapai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) ≥ 3,50, dengan predikat Cumlaude. Bahkan, terdapat lulusan yang meraih IPK sempurna, yaitu 4,0,” ungkap Sudiro.

Selain keberhasilan akademik, Sudiro juga menyoroti berbagai prestasi mahasiswa Poltekkes Surakarta di berbagai bidang. “Pada tahun 2023-2024, mahasiswa kami berhasil meraih prestasi di bidang pendidikan, olahraga, dan seni, baik di tingkat internasional, nasional, maupun regional,” tambahnya.

Tak hanya berprestasi, lulusan Poltekkes Surakarta juga banyak yang berhasil menembus pasar kerja luar negeri. “Pada tahun 2022-2024, sebanyak 19 lulusan kami telah bekerja di negara-negara seperti Jepang, Jerman, dan Belanda,” jelas Sudiro.

Baca juga, Download Logo & Pedoman Visual Tanwir dan Milad ke-112 Muhammadiyah

Sudiro juga menyoroti tingginya permintaan tenaga kerja dari rumah sakit dan klinik, bahkan sebelum mahasiswa menyelesaikan studinya. “Banyak mahasiswa yang sudah direkrut oleh rumah sakit dan klinik pada semester 4, 5, 6, bahkan ada yang pada semester akhir, dengan beberapa di antaranya mendapatkan beasiswa,” jelasnya lebih lanjut.

Di sela acara wisuda, Plt. Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Yuli Farianti, turut hadir dan memberikan ucapan selamat kepada para wisudawan.

“Kami mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan. Semoga kalian dapat segera berkarya dan mengabdi di fasilitas pelayanan kesehatan, baik di dalam negeri maupun luar negeri,” ujar Yuli Farianti.

Yuli juga menegaskan bahwa kebutuhan tenaga kesehatan lulusan Poltekkes Kemenkes Surakarta sangat tinggi, baik di dalam negeri maupun luar negeri. “Peluang kerja bagi lulusan Poltekkes sangat besar, terutama karena ada beberapa program studi yang tergolong langka di Indonesia, seperti Akupuntur, Terapi Wicara, dan Ortotik Prostetik, yang hanya ada di Poltekkes Kemenkes Surakarta,” jelasnya.

Kontributor : Maysali
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE