AUMBeritaPWA Jateng

TK Aisyiyah Bolon 1 Lakukan Studi Tiru di PAUD Percontohan: Rahasia Sukses Jadi Sekolah Unggulan!

PWMJATENG.COM, Karanganyar – Pada Senin, 21 Oktober 2024, TK Aisyiyah Bolon 1 Colomadu mengadakan studi tiru di PAUD percontohan Fatimah, KB-TPA Fatimah, dan TK Islam Kanita Tiara yang terletak di Baki, Sukoharjo. Kegiatan ini diikuti oleh Yayasan PRA (Pimpinan Ranting Aisyiyah) Bolon beserta para guru untuk meningkatkan inovasi pendidikan, menambah wawasan, serta mengembangkan kualitas sekolah Aisyiyah.

Dalam sambutannya, Kepala TK Islam Kanita Tiara, Ibu Ria Winanti, menyampaikan pengalaman inspiratif tentang perjalanan sekolahnya. Ia bercerita bagaimana TK tersebut dimulai dari garasi mobil, namun dengan tekad yang kuat dan usaha tanpa henti, TK Kanita Tiara mampu berkembang menjadi sekolah unggulan yang diminati masyarakat sekitar dan kini menjadi PAUD percontohan.

Dalam pemaparannya, Ria Winanti membagikan beberapa tips penting mengenai komunikasi efektif antara sekolah dan orang tua siswa. Menurutnya, kerjasama yang baik dengan orang tua adalah kunci agar program-program sekolah dapat berjalan sesuai harapan. Ia juga menekankan pentingnya menjalin komunikasi yang solid dengan yayasan sekolah untuk mempercepat perkembangan lembaga pendidikan. Selain itu, ia memberikan wawasan mengenai pentingnya membangun jaringan dengan pihak luar dan strategi membranding sekolah agar menjadi lebih dikenal dan diminati.

Baca juga, Download Logo & Pedoman Visual Tanwir dan Milad ke-112 Muhammadiyah

Ria juga mengungkapkan bahwa di era digital saat ini, pemanfaatan media sosial seperti Facebook, TikTok, Instagram, dan status WhatsApp sangat berperan dalam mempromosikan sekolah. Selain itu, keterlibatan orang tua dalam menjaring calon siswa sangat diperlukan untuk mempertahankan jumlah murid. Ia juga mengingatkan bahwa operator sekolah harus selalu aktif dan memperbarui data di aplikasi Dapodik, serta memastikan semua tenaga pendidik terdaftar dan mengikuti survei lingkungan belajar (Sulingjar) untuk mendapatkan hasil rapor pendidikan yang baik.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan cinderamata dari Ria Winanti kepada Yayasan PRA yang mendampingi studi tiru tersebut, berupa kain batik khas Ria. Selain itu, sertifikat penghargaan juga diberikan kepada seluruh peserta sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi mereka dalam kegiatan yang inspiratif ini.

Kontributor : Puspitasari Dwi Ariyanti
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE