AUMBerita

Petualangan Edukasi Menarik: Field Trip Siswa SD Muhammadiyah Palur ke Batu

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – Siswa dan siswi kelas 5 dan 6 SD Muhammadiyah Palur baru saja menyelesaikan field trip yang menakjubkan untuk melihat secara langsung keindahan serta keberagaman flora dan fauna, baik di Indonesia maupun di dunia.

Perjalanan dimulai pada Rabu, 9 Oktober 2024, pukul 23.00. Sebanyak 215 anak berangkat menuju Batu, Malang, Jawa Timur. Lokasi tujuan pertama mereka adalah Taman Flora Santerra de Laponte, yang menyajikan pemandangan indah dengan warna-warni bunga yang menawan.

Nur Laili, wakil kepala sekolah, menjelaskan bahwa field trip kali ini tidak hanya menjadi ajang wisata edukasi, tetapi juga untuk memberikan pemahaman tentang pembibitan tumbuhan dan budidaya jamur. “Kegiatan ini bertujuan menambah pengetahuan anak-anak,” ujar Nur Laili. Di taman flora tersebut, siswa juga dapat merasakan kebersamaan dengan teman-teman mereka serta menikmati berbagai jenis permainan yang mendidik dan mengasyikkan.

Selanjutnya, rombongan melanjutkan perjalanan ke Jatim Park 2, yang menyuguhkan Museum Satwa dan Batu Secret Zoo. Di tempat ini, para siswa terpukau oleh berbagai jenis satwa yang telah diawetkan, yang memperluas khasanah pengetahuan mereka. “Keterangan yang ada di tiap sudut museum sangat membantu anak-anak dalam menambah wawasan mereka,” jelas Nur Laili.

Baca juga, Peran Ajaran Islam dalam Membangun Tatanan Sosial

Rute berikutnya adalah Batu Secret Zoo, yang menampilkan versi nyata dari banyak jenis fauna yang hidup di Indonesia. Para siswa dapat melihat langsung satwa-satwa yang mungkin sebelumnya hanya mereka lihat di buku atau televisi. Dengan bimbingan guru, anak-anak pun mendapatkan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan.

Perjalanan selama dua hari satu malam ini diharapkan menjadi pengalaman luar biasa bagi siswa. Dengan pengawasan dari bapak dan ibu guru, mereka dapat belajar, menjelajah, dan bermain bersama teman-teman mereka. “Semoga pengalaman ini tidak hanya memuaskan rasa ingin tahu mereka, tetapi juga membangkitkan semangat belajar yang lebih dalam,” harap Nur Laili.

Field trip ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga membentuk karakter dan rasa solidaritas antar siswa. Dengan pengalaman seperti ini, diharapkan anak-anak semakin haus akan ilmu pengetahuan dan terus menjelajahi dunia dengan rasa ingin tahu yang tinggi.

Kontributor : Choerul Anam
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE