AUMBerita

UMS Berjaya di PON 2024: Mahasiswa Sumbang Medali Emas, Menuju World Class University!

PWMJATENG.COM, Surakarta – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali mencetak prestasi gemilang dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024. Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan UMS, Ihwan Susila, mengapresiasi penuh talenta unggul mahasiswa UMS yang berprestasi di bidang akademik dan non-akademik. Perolehan medali di PON kali ini semakin memperkuat komitmen UMS dalam menuju visi sebagai World Class University.

Beberapa prestasi mahasiswa UMS di PON XXI 2024 antara lain:

  1. Medali Emas Kelas Tanding D Putra oleh Ginting Baharudin Putra di cabang Pencak Silat.
  2. Medali Perunggu Floret Beregu Putri oleh Putri Faradilah dan Tassya Alissa Sukarno Putri di cabang Anggar.
  3. Medali Perunggu Kategori Serial Shoot Senior dan Emas Beregu Senior oleh Hamam Arsya Kanaya di cabang Memanah Berkuda.
  4. Medali Perunggu Rugby 7’s oleh Zaidah Mufidah dan Rahmatika Nur Chasani.

Ihwan Susila menyampaikan bahwa prestasi mahasiswa UMS di berbagai cabang olahraga (Cabor) menunjukkan potensi luar biasa yang ada di kampus tersebut. “Banyak dari mahasiswa yang kami rekrut melalui jalur prestasi, artinya mereka memang kami fokuskan untuk mengembangkan bakat yang mereka miliki,” ujar Ihwan, Senin (30/9).

Selain cabang olahraga tradisional seperti Pencak Silat, UMS juga berpartisipasi dalam cabang baru seperti Anggar dan Panahan Berkuda. “Yang menarik, cabang Rugby yang jauh dari ekspektasi kami ternyata juga memberikan prestasi yang luar biasa,” tambah Ihwan.

Baca juga, Daya Magnet Ormas pada Pesta Demokrasi

UMS juga terus mengidentifikasi potensi prestasi mahasiswa sejak masa penerimaan mahasiswa baru. Pengembangan bakat mereka kemudian dilakukan melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang tersedia di kampus. Ihwan optimistis bahwa melalui UKM, mahasiswa dapat berlatih dan mengikuti kompetisi di tingkat nasional hingga internasional.

“Alhamdulillah, tahun ini prestasi mahasiswa UMS meningkat, terutama di ajang PON 2024. Jika tahun lalu kami hanya meraih dua medali, tahun ini berhasil mendapatkan empat medali,” ujarnya bangga.

Ke depan, Ihwan berharap semakin banyak mahasiswa yang mampu mengekspresikan prestasi mereka tanpa rasa ragu. “Dengan prestasi ini, kami berharap mahasiswa semakin bersemangat untuk membawa nama baik UMS di kancah nasional maupun internasional,” tuturnya.

UMS menargetkan 500 prestasi nasional pada tahun ini, dan hingga kini sudah mencapai 360 prestasi. “Kami optimis target ini dapat tercapai, ditambah dengan sumbangan prestasi internasional yang terus meningkat dari berbagai bidang, termasuk olahraga,” jelas Ihwan.

Ihwan menegaskan bahwa pencapaian prestasi mahasiswa, baik di bidang akademik maupun non-akademik, akan memberikan dampak positif pada akreditasi UMS dan mendorong UMS menuju World Class University.

Kaprodi Pendidikan Jasmani UMS, Nur Subekti, menambahkan bahwa UMS serius dalam membina mahasiswa berprestasi. “Banyak atlet kami yang mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional. Prestasi di PON 2024 ini akan meningkatkan motivasi mahasiswa untuk terus berprestasi,” pungkas Nur.

Kontributor : Fika
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE