BeritaKabar Daerah

Maksimalkan Penghimpunan, Lazismu Kendal Manfaatkan Teknologi untuk Digital Fundrising

PWMJATENG.COM, Kendal – Lazismu Kendal terus berinovasi dalam penggalangan dana dengan memanfaatkan teknologi digital. Perkembangan teknologi dan perubahan preferensi donatur mendorong lembaga ini untuk beradaptasi dan menghadirkan solusi digital guna menjawab kebutuhan masyarakat akan bantuan yang cepat dan efisien. Langkah ini telah menarik minat donatur, terutama generasi milenial, untuk berkontribusi melalui platform digital.

Suprapto, Manajer Lazismu Kendal, menjelaskan bahwa pihaknya telah melatih staf dan relawan untuk meningkatkan kemampuan dalam mengoperasikan platform donasi digital, seperti media sosial dan kampanye daring. “Kami sadar betul bahwa pemanfaatan teknologi sangat penting untuk memperluas jangkauan dan mengoptimalkan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan,” ujar Suprapto, Senin (30/9/24).

Selain penguatan SDM, Lazismu Kendal bekerja sama dengan platform donasi digital seperti mobile banking, e-wallet, dan QR code. Kolaborasi ini memungkinkan masyarakat berdonasi secara mudah hanya melalui ponsel. Hasilnya, jumlah donatur mengalami peningkatan signifikan, terutama dari kalangan pengguna aktif teknologi digital.

“Adaptasi digital bukan hanya soal kemudahan berdonasi, tetapi juga soal transparansi dan kepercayaan donatur. Dengan memaksimalkan potensi staf dan relawan, kami yakin bantuan dapat lebih cepat tersalurkan kepada mereka yang membutuhkan,” lanjut Suprapto.

Lazismu Kendal juga meluncurkan website resmi www.lazismukendal.org pada awal 2024. Situs ini memudahkan masyarakat di Kendal dan sekitarnya untuk berkontribusi secara transparan. Situs tersebut terintegrasi dengan program penyaluran zakat, infak, dan sedekah yang sedang berjalan.

Baca juga, Pemimpin yang Suul Khuluq: Bahaya Bagi Umat dan Bangsa

Agus Wahyudi, Kepala Divisi Fundraising Lazismu Kendal, menambahkan, “Kami akan terus membekali staf dan relawan agar semakin mahir dalam memanfaatkan teknologi untuk kegiatan penggalangan dana.”

Inisiatif digital ini tidak hanya mempercepat proses penggalangan dana, tetapi juga memperkuat keterlibatan masyarakat dalam program-program Lazismu Kendal. Dengan semakin luasnya akses terhadap teknologi, Lazismu Kendal berharap dapat memberikan dampak positif yang lebih besar kepada mereka yang membutuhkan, serta memudahkan donatur dalam menyalurkan bantuan secara aman dan nyaman.

Tak hanya itu, pada tahun 2023, Lazismu Kendal menerima penghargaan sebagai lembaga amil zakat terbaik se-Provinsi Jawa Tengah. Penghargaan ini didapat karena pengelolaan zakat yang tertinggi dan sumber daya manusia yang unggul. “Insyaallah, di tahun 2024 kami akan terus menguatkan inovasi sosial dengan meningkatkan sinergi antara majelis dan lembaga. Kami berharap kualitas program yang kami jalankan akan terus meningkat dengan penuh kesungguhan,” ungkap Suprapto.

Melalui strategi digital fundraising, Lazismu Kendal optimis dapat memperluas jangkauan donasi dan mempercepat penyaluran bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Ini menciptakan pengalaman berdonasi yang lebih modern, efektif, dan transparan bagi para donatur.

Kontributor : Usman Hasyim
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE