AUMBerita

UMS Luncurkan Wirausaha Merdeka 2024, Siapkan Generasi Emas Pengusaha Muda!

PWMJATENG.COM, Surakarta – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sukses menggelar Grand Launching Wirausaha Merdeka (WMK) 2024 secara daring melalui Zoom Meeting pada Sabtu, (21/9). Program ini diharapkan menjadi inkubator bagi generasi muda untuk mengembangkan potensi wirausaha.

Ketua Pelaksana WMK UMS, Suranto, mengungkapkan kebanggaannya atas tingginya minat mahasiswa dalam mengikuti program ini. UMS berhasil menerima 520 mahasiswa, melebihi kuota awal yang hanya 375.

“Ini luar biasa. Awalnya kami hanya mendapat kuota 375, tetapi karena antusiasme yang besar, kami mendapat tambahan kuota lagi,” ujar Suranto.

Menurutnya, persaingan untuk menjadi peserta WMK sangat ketat, sehingga peserta yang terpilih diharapkan dapat mengembangkan potensi kewirausahaan mereka. Ia juga berharap program ini menjadi inkubator wirausaha di lingkungan perguruan tinggi.

“Ikuti program ini dengan semangat. Semoga acara ini menjadi langkah awal kita menuju Generasi Emas 2045,” tambahnya.

Suranto juga menyebutkan bahwa 49% lulusan WMK UMS masih menjalankan bisnis mereka. Pada tahun 2023, UMS bahkan dinobatkan sebagai penyelenggara terbaik WMK oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti Kemdikbud Ristek).

Baca juga, Demokrasi Prosedural: Antara Formalitas dan Partisipasi Nyata

Ketua MBKM UMS, Munajat Tri Nugroho, turut mengapresiasi kerja keras tim pelaksana WMK 2024. Ia menekankan pentingnya pengalaman UMS sebagai penyelenggara program ini sejak 2022, dan berharap tahun ini akan lebih baik lagi.

“Kami berterima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada UMS. Semoga pelaksanaan tahun ini lebih baik dan sukses,” ujar Munajat.

Direktur Pembelajaran dan Mahasiswa, Sri Suning Kusumawardani, menjelaskan bahwa WMK merupakan program unggulan MBKM yang bertujuan untuk meningkatkan minat kewirausahaan di kalangan mahasiswa.

“Kami ingin mahasiswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga menghadapi tantangan nyata dalam dunia wirausaha,” jelas Sri Suning.

Dengan dimulainya WMK 2024, ia berharap para peserta dapat mengembangkan semangat kewirausahaan dan berkontribusi untuk kemajuan Indonesia.

Dalam acara tersebut, pengelola WMK UMS 2024, Muhammad Fahmi Johan Syah, memberikan informasi rinci tentang pelaksanaan program kepada para peserta, memastikan mereka siap mengikuti program dengan maksimal.

Kontributor : Fika
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE