AUMBerita

Hebat! Mahasiswa Arsitektur UMS Raih Emas dan Perunggu di PON XXI 2024

PWMJATENG.COM, Surakarta – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali mencetak prestasi membanggakan dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang berlangsung di Aceh-Sumatera Utara. Hamam Arsya Kanaya, mahasiswa Arsitektur angkatan 2023, berhasil meraih satu medali emas dan satu perunggu di cabang olahraga Horseback Archery (HBA), mewakili Jawa Tengah.

Hamam memenangkan medali perunggu dalam kategori Serial Shoot kelas senior dengan trek lurus sepanjang 150 meter. Ia bersaing dengan 10 atlet lainnya di kategori tersebut. Sementara itu, medali emas berhasil ia bawa pulang dalam nomor beregu pada cabang olahraga Memanah Berkuda.

Hamam mengungkapkan bahwa minatnya terhadap olahraga ini sudah tumbuh sejak lama. “Ini memang hobi lama saya, dan untuk PON kali ini, saya melakukan pengembangan lebih serius,” ujarnya pada Sabtu (21/9). Ia juga menambahkan bahwa intensitas latihan meningkat menjelang PON, termasuk mengikuti pelatihan intensif di pusat pelatihan khusus.

Keikutsertaan Hamam di PON XXI 2024 ini merupakan partisipasinya yang keempat di tingkat nasional untuk cabang olahraga Memanah Berkuda. “Awalnya ini cuma hobi, tapi kemudian saya tekuni selama kurang lebih lima tahun. Alhamdulillah, hasilnya mulai terlihat,” tambahnya.

Baca juga, Ibnu Hasan: Berislam yang Kaffah Tidak Mencampurkan Iman dengan Nafsu Duniawi

Hamam juga berharap agar UMS dapat membentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berfokus pada olahraga berkuda, sehingga bisa menjadi wadah bagi mahasiswa lain yang memiliki minat serupa.

Menanggapi prestasi ini, Kaprodi Arsitektur UMS, Nur Rahmawati Syamsiyah, mengaku bangga dengan pencapaian mahasiswanya. “Ini luar biasa sekali. Kami baru tahu tentang prestasi Hamam ini belum lama. Ternyata, mahasiswa Arsitektur UMS juga punya prestasi non-akademik yang membanggakan,” ujarnya.

Nur Rahmawati juga menambahkan bahwa beberapa mahasiswa Arsitektur UMS juga berprestasi di cabang olahraga lain, seperti Taekwondo, Karate, dan Berkuda. Ia berharap, pencapaian Hamam ini dapat memotivasi mahasiswa lain yang memiliki potensi serupa untuk lebih berani menampilkan prestasi mereka.

“Dengan prestasi ini, semoga teman-teman Hamam yang semasa SMA punya prestasi, tapi sedikit terpendam saat kuliah, bisa kembali berprestasi,” pungkasnya.

Kontributor : Maysali
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE