BeritaKabar Daerah

Aksi Bergizi Sehat Muhammadiyah Bikin Heboh, Targetkan Penurunan Anemia Rematri!

PWMJATENG.COM, Jakarta – Majelis Pembinaan Kesehatan Umum (MPKU) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, menggelar acara “Gerakan Nasional Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan”. Program ini bertujuan untuk menurunkan prevalensi anemia defisiensi zat besi di kalangan remaja putri (Rematri) sebagai bagian dari upaya mengurangi risiko stunting.

Gerakan Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan (ABSB) ini merupakan implementasi dari rencana strategis MPKU Muhammadiyah tahun 2022-2027. Pada tahun 2024, program ini diperluas ke enam provinsi baru, yaitu Aceh, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara. Dengan perluasan ini, diharapkan angka anemia defisiensi zat besi di kalangan Rematri dapat menurun secara signifikan.

Baca juga, Kader Dihukum Jemaah

Kegiatan ABSB terdiri dari dua agenda utama. Pertemuan Nasional diadakan pada Kamis, 19 September 2024, di Hotel Mercure Simatupang. Sementara itu, Gerakan Nasional Aksi Bergizi Sehat Berkemajuan dilaksanakan pada Jumat, 20 September 2024, bertempat di SMP Labschool Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Ciputat, Tangerang Selatan.

Acara ini dihadiri oleh 63 peserta, termasuk tim Swakelola MPKU PP Muhammadiyah, Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI, Dinas Kesehatan Provinsi, MPKU PWM, Majelis Dikdasmen-PNF PWM, serta Lembaga Pengembangan Pesantren PWM. Selain itu, acara daring diikuti oleh 90 peserta.

R. Alpha Amirrachman dan Maulana, perwakilan dari Majelis Dikdasmen dan PNF PP Muhammadiyah, menjelaskan bahwa kegiatan dimulai dengan senam bugar Muhammadiyah, dilanjutkan dengan sarapan sehat bergizi, dan diakhiri dengan pemberian tablet tambah darah kepada Rematri. “Program ini diterapkan di sekolah, madrasah, dan pesantren Muhammadiyah di provinsi yang menjadi target ABSB 2024,” ujar Maulana.

Kontributor : Hendra
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE