BeritaPWM Jateng

PWM Jawa Tengah Siap Dukung Penuh Program Inovatif Pemberdayaan Masyarakat Bali

PWMJATENG.COM, Semarang – Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Tengah menerima kunjungan PWM Bali di Kantor PWM Jawa Tengah, Rabu (7/8/24). Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat silaturahmi serta menyampaikan program pemberdayaan masyarakat yang sedang digalakkan oleh PWM Bali bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Karangasem.

Wakil Ketua PWM Bali, Muhammad Barhiman, dalam pertemuan tersebut memaparkan potensi besar yang dimiliki Bali untuk dikerjasamakan dengan PWM Jawa Tengah. Salah satu program unggulan yang dibahas adalah inovasi pembuatan perahu dari bahan karet, yang merupakan inovasi terbaru di Karangasem. Parhiman menjelaskan bahwa perahu ini memiliki keunggulan dari segi harga yang lebih terjangkau dan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dibandingkan dengan perahu berbahan fiber atau kayu.

“Kami ingin mengembangkan potensi ini agar bisa diberdayakan lebih luas lagi. Saat ini, perahu karet tersebut masih dipasarkan secara terbatas di Bali. Melalui Lazismu, kami berharap pemberdayaan masyarakat dapat meluas. Terlebih lagi, di Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah, ada program Jemaah Nelayan Muhammadiyah (Jalamu) yang bisa kami sinergikan,” ujar Barhiman.

Baca juga, Pro, Kontra, Dialog, dan Kompromi Ala Muhammadiyah

Barhiman sangat bersyukur atas sambutan hangat dari PWM Jawa Tengah, khususnya dari Ketua PWM Jawa Tengah, Kiai Tafsir. “Kiai Tafsir sangat tertarik dengan program ini dan berkomitmen untuk mendukung penuh, bahkan menyarankan agar (menjadi) industrinya (PWM) Jawa Tengah namun tempatnya di Bali,” tambahnya.

Ketua PWM Jawa Tengah, Kiai Tafsir, menyambut baik inisiatif PWM Bali tersebut. Ia menegaskan bahwa PWM Jawa Tengah siap memberikan dukungan maksimal, terutama dalam pengembangan industri perahu karet yang diproyeksikan untuk keperluan wisata dan nelayan di Bali.

“PWM Jawa Tengah akan mendukung penuh program ini, terutama melalui Lazismu yang akan membantu menopang sebagian anggaran untuk proses pembuatan perahu karet di Bali. Kami berharap program ini dapat berjalan dengan baik, mudah, dan bermanfaat bagi umat yang lebih luas,” ungkap Kiai Tafsir.

Nantinya, sinergi ini akan direalisasikan dengan support dana yang sebagian didukung Lazismu Jawa Tengah.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE