BeritaKabar Daerah

Sedekah Air Bersih, Pahala Mengalir Jauh

PWMJATENG.COM, Sukoharjo – Pada awal bulan Agustus ini beberapa daerah di Sukoharjo mengalami kesulitan air bersih disebabkan kemarau serta mengeringnya sumber air seperti sumur warga dan lainnya, seperti yang terjadi di daerah Desa Alasombo, Weru dan Tawangsari lebih dari 300 KK terdampak kekeringan tersebut.

Muhammadiyah melalui kolaborasi antar Lembaga dan AUM mencoba membantu masyarakat terdampak kekeringan dengan memprogramkan dukungan air bersih, MDMC bersama Lazismu dengan didukung dari SD Muhammadiyah Palur menyalurkan air bersih kepada masyarakat terdampak tersebut yang disalurkan pada Jumat (4/8).

Menurut Mushlih selaku Manager Lazismu Sukoharjo bahwa kerja sama yang dibangun merupakan upaya melaksanakan program OMOR (One Muhammadiyah One Respon) di mana dalam melaksanakan respon bencana harus menjadi satu nama.

“Alhamdulillah pada hari Jumat yang berkah ini Lazismu bersama dengan MDMC menyalurkan air bersih di Dukuh Plumbon Desa Alasombo Kecamatan Weru sebanyak 6000 liter,” terangnya.

Baca juga, Kenapa Lazismu Harus Memanen?!

Ia juga menyampaikan bahwa Muhammadiyah Sukoharjo akan mendistribusikan setiap hari Jumat dan Sabtu dalam satu bulan sebagai bentuk antisipasi kekeringan.

“Kami menghaturkan terimakasih kepada SD Muhammadiyah Palur yang telah bekerjasama dalam program air bersih ini,” imbuhnya.

Wagimin salah satu warga yang hadir saat pelaksanaan droping air bersih mengungkapkan bahwa di Dusun Plumbon terdapat sumur dalam Pamsimas akan tetapi terkendala debit air yang tidak mencukupi serta mesin pompa yang sering trouble.

“Di sini kami ada sumur Pamsimas akan tetapi saat ini air yang diambil tidak mencukupi selain itu juga mesin pompa sering troubel sehingga tidak maksimal untuk menyuplai kepada warga,” jelasnya.

Selain itu meski penampungan air terisi penuh setelah dialirkan ke warga tidak lama akan cepat habis karena memang konsumsi air cukup banyak, ia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan air bersih yang diberikan.

Kontributor : Choerul Anam
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE