AUMBerita

23 Mahasiswa Farmasi UMS Ikuti Magang Industri di IKOP Pharma IIUM Malaysia

PWMJATENG.COM, Surakarta – Dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), 23 mahasiswa dari Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) telah bergabung dalam program magang di IKOP Pharma, sebuah industri farmasi yang berbasis di International Islamic University Malaysia (IIUM), Pahang, Malaysia. Langkah ini menegaskan komitmen UMS dalam meningkatkan reputasi globalnya.

Kerjasama antara UMS dan IIUM Malaysia membawa hasil positif dengan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengembangkan diri melalui magang di IKOP Pharma, industri farmasi terkemuka yang dimiliki oleh IIUM Malaysia.

“Kami menginisiasi implementasi magang industri di luar negeri, harapannya sekaligus bisa memberikan bekal pengalaman internasional kepada mahasiswa,” kata Dekan Farmasi UMS, Erindyah Retno Wikantyasning, Ph.D.

Program magang ini merupakan langkah konkret dalam memperluas wawasan dan keterampilan mahasiswa, serta memperkuat kerja sama antarlembaga pendidikan tinggi.

“Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program MBKM yang kami tawarkan kepada mahasiswa untuk memberikan pengalaman tambahan dan nilai akademik,” tambah Kaprodi S-1 Farmasi, Dr. Arifah Sri Wahyuni, M.Sc.

Baca juga, Berbeda dengan Struktural Pusat, AMM Jateng Ambil Posisi Tak Dukung Paslon Tertentu!

Kegiatan magang selama 10 hari tersebut memberikan materi yang beragam, mulai dari pengenalan industri farmasi, praktik-praktik baik (Good Manufacturing Practices), hingga manajemen resiko dan kontrol kualitas. Mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk tinggal di asrama IIUM selama pelaksanaan magang.

“Selain magang di industri farmasi, kami juga berencana untuk mengirim mahasiswa untuk magang di rumah sakit yang berada di bawah naungan kampus IIUM, karena hal ini akan memberikan pengalaman praktis yang berharga,” ungkap Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Fakultas Farmasi UMS, apt., Peni Indrayudha, Ph.D.

Kegiatan ini tidak hanya berkontribusi pada pengembangan akademik, tetapi juga memperkaya keterampilan hidup (life skills) mahasiswa, menjadikan mereka lebih siap menghadapi tantangan di dunia profesional.

Dengan adanya kerja sama internasional ini, Fakultas Farmasi UMS terus memperluas jaringan dan memberikan pengalaman terbaik kepada mahasiswanya, membantu mereka menjadi lulusan yang kompeten dan berdaya saing di tingkat global.

Kontributor : Yusuf
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE