AUMBerita

UNIMUS adakan Safari Lesson Study for Learning Community (LSLC)

PWMJATENG.COM, Purbalingga-Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) melakukan Safari Lesson Study for Learning Community (LSLC) terkait penulisan artikel dan Hak Kekayaan Intelektual se karesidenan Banyumas yang bertempat di SMA Muhammadiyah Purpalingga, Jawa tengah. Pada hari ketiga pada hari Senin (21/12/2021).

Peserta berasal dari enam sekolah Muhammadiyah yang tergabung dalam tim Lesson study se karasidenan banyumas, terdiri atas SMP Muhammadiyah 1 Plus Cilacap, : SMP Muhammadiyah 2 Plus Cilacap, SD Muhammadiyah 1 Cilacap, SMA Muhammadiyah Purbalingga, SMK Muhammadiyah Banjarnegara, SMA Muhammadiyah Purwokerto.

Kegiatan ini  lebih fokus  pada pendampingan artikel ilmiah dan penyusunan serta pengajuan HKI. Adapun kegiatan secara offline bermaksud untuk menghasilkan pendampingan  yang lebih maksimal dengan respon postif terhadap  pendampingan  oleh seluruh sekolah  wilayah karasidenan Banyumas.

Pendampingan penulisan artikel ini, mengharapkan para  guru akan terbiasa dan terlatih sehingga  mendorong guru dalam menulis  artikel ilmiah. Pendampingan penyusunan dan penguruan HKI ini berlangsung dengan harapan dapat memunculkan kesadaran bahwa HKI sangat penting.

‚ÄúSeluruh peserta telah melakukan komitmen kapan harus mengunpulkan. Kesepakatan ini sangat penting, agar masing-masing guru memiliki tanggungjawab secara kolektif untuk mentaati kesepaakatan ini;‚ÄĚ ujar Ketua Tim Lesson Study; Dr. Eni Winaryati, M.Pd kepada media, Rabu (22/21/2021)

Luaran artikel ilmiah dan HKI tidak akan ada tanpa berawal dari aktiviytas lesson study. Tim LS pada setiap sekolah Muhammadiyah telah mengawali dengan menyusun lesson design dan chapter design secara kolaboratif sebagai kegiatan pada tahap PLAN.

‚ÄúTahap DO dilaksanakan pada saat guru model melakukan pembelajaran di kelas, dan guru lain bersama kepala sekolah menjadi observer;‚ÄĚ ujar Dr. Eni Winaryati, M.Pd.

Kemudian ketika mengobservasi pembelajaran, observer akan mengamati dengan mencatat atau memvideo aktivitas siswa. Melalui pengamatan pada siswa, akan memperoleh banyak data yang dapat berguna untuk perbaikan pembelajaran berikutnya.

Dari kegiatan LS ini menghasilkan banyak produk pembelajaran selama pelaksanaan LS pada sejumlah sekolah  Muhammaddiyah. seperti produk video pembelajaran, artikel ilmiah, metode pembelajaran yang digunakan, media pembelajaran, modul, produk pembelajaran,  pola pembelajaran.

Kontributor : Dinul Qoyimah

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE