Berita

Tak Hanya Karyawan, BPH dan Direksi RSM/A Juga Ikuti Darul Arqam!

PWMJATENG.COM, Yogyakarta – Kehebatan dan inovasi dalam dunia kesehatan di Indonesia semakin mendapat sorotan dengan diselenggarakannya Darul Arqam BPH dan Direksi Rumah Sakit Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah se-Indonesia oleh Maejlis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah. Acara prestisius ini yang berlangsung mulai Rabu hingga Sabtu (6-9/12/23), menggandeng Majelis Pembinaan Kader dan Sumber Daya Insani (MPKSDI), diselenggarakan di Griya Persada Convention Hotel and Resort Kaliurang, Yogyakarta.

Para narasumber terkemuka, seperti Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. KH. Haedar Nashir, M.Si., dr. H. Agus Taufiqurrohman, Sp.S., M.Kes., Dr. H. Agung Danarto, M.Ag., dan Drs. H. Ahmad Dahlan Rais, M.Hum., turut memeriahkan acara ini. Mereka bergabung dengan para pakar kesehatan, seperti Ketua MPKU PP Muhammadiyah Dr. H. Agus Samsudin, M.M., dan Ketua MPKSDI PP Muhammadiyah Bahtiar Dwi Kurniawan, S.Fil.I., MPA., bersama dengan sejumlah tokoh terkemuka lainnya.

Peran Darul Arqam dalam Membangun Jiwa Islami dan Kesehatan Masa Depan

Darul Arqam, sebagai sistem perkaderan di Muhammadiyah untuk organisasi otonom dan Amal Usaha Muhammadiyah, seperti Perguruan Tinggi, Sekolah, dan Rumah Sakit, menjadi pusat perhatian dalam acara ini. Perkaderan di Muhammadiyah memiliki tujuan mulia, yaitu membangun jiwa Islami dan melangsungkan tugas Muhammadiyah dalam menegakkan ajaran Islam untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sesungguhnya.

Dalam pandangan Ketua MPKU PP Muhammadiyah, Dr. H. Agus Samsudin, M.M., Darul Arqam menjadi wahana penting untuk mencetak kader-kader kesehatan yang memiliki landasan spiritual dan keislaman yang kuat. Ia menjelaskan, “Perkaderan di Muhammadiyah, khususnya melalui Darul Arqam, tidak hanya mencetak tenaga medis yang kompeten tetapi juga memiliki kepekaan sosial dan spiritual untuk melayani masyarakat.”

Ruang Diskusi dan Pembaruan dalam Kesehatan

Acara ini tidak hanya menjadi ajang untuk memperkuat nilai-nilai Islami dalam kesehatan tetapi juga membuka ruang diskusi dan pembaruan. Sejumlah narasumber seperti Taufikurrahman, S.IP., M.A., Ph.D., Dr. Hamim Ilyas, M.A., Dr. Ruslan Fariadi, Rudy Suryanto, S.E., M.Acc., Ph.D., Ak., CA., dan dr. Agus Sukaca, M.Kes, memberikan wawasan dan pandangan terkini terkait perkembangan dunia kesehatan.

Drs. H. Ahmad Dahlan Rais, M.Hum., salah satu narasumber utama, menyampaikan, “Darul Arqam BPH dan Direksi RS Muhammadiyah menjadi landasan penting untuk mengarahkan langkah strategis dalam menyikapi tantangan kesehatan masa depan. Penggabungan keilmuan dan nilai-nilai Islami menjadi kekuatan yang tak ternilai bagi kemajuan dunia kesehatan.”

Harapan Mewujudkan Kesehatan Berkualitas dan Islami

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof. Dr. KH. Haedar Nashir, M.Si., menyampaikan harapannya melalui acara ini, “Dengan Darul Arqam BPH dan Direksi RS Muhammadiyah, kita berharap mampu melahirkan generasi kesehatan yang tidak hanya terampil secara profesional tetapi juga berintegritas dan memiliki rasa kepedulian tinggi terhadap masyarakat.”

Dengan melibatkan para pakar dan praktisi kesehatan terkemuka, Darul Arqam BPH dan Direksi RS Muhammadiyah memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan sumber daya kesehatan yang berkualitas dan berlandaskan nilai-nilai Islami. Masyarakat diharapkan dapat merasakan manfaat dari pembaruan dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE