Songsong “Hari Sarjana” Siswa SMA Muh PK Gelar Sidang Terbuka

PWMJATENG.COM, SOLO – Ada yang berbeda di hari pembelajaran saat itu, Kamis 27 September 2018 seluruh siswa SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menyebar di sekitar lingkungan sekolah untuk pencarian data bahan riset. Siswa tersebar dan terbagi dalam kelompok-kelompok tema riset. Tema riset yang diambil terkait lingkungan alam dan sosial sekitar sekolah.

Tema lingkungan alam terkait hubungan timbal balik komponen biotik dan abiotik, pencemaran limbah organik dan anorganik, keanekaragaman hayati, eksplorasi ekosistem darat dan perairan, Go green dan daur ulang limbah. Sedangkan tema lingkungan sosial terkait hubungan sosial ketetanggaan, peran status sosial ketua RT dan tokoh masyarakat, sistem nilai masyarakat, ketimpangan sosial dan globalisasi toko modern.

BACA JUGA  Keperawatan Unimus Bekali Mahasiswa dengan Pelatihan BT&CLS

Tema-tema tersebut diteliti oleh siswa secara berkelompok untuk di sidangkan secara terbuka hasilnya kepada warga sekolah. Kegiatan ini di desain dalam rangka memperingati Hari Sarjana Indonesia yang jatuh pada setiap tanggal 29 September. Kegiatan ini untuk melatih siswa untuk bersikap ilmiah dan siap memberikan manfaat untuk masyarakat luas. Kedepan, selepas lulus SMA mereka akan melanjutkan kuliah dan siap jadi sarjana yang produktif. Ujar Renaldo Gaspie sebagai salah satu pembimbing riset siswa.

Sementara itu, salah satu siswikelas XII IPA, Salma Hafizhahmengatakanbahwakegiatan kali inisangatbermanfaatbagiseluruhsiswakarenadenganmelakukansebuahrisetkemudiandiujikan di depanpengujiakanmelatihkepercayaandiridalammempresentasikanhasilriset di depanumum. Hal initentunyabisamenjadibekalbagisiswadalammelanjutkanperkuliahankelak. (Humas SMA Muh PK/Ayu)

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts