Berita

Setelah Sukses dengan Muktamar ke-48 di Jateng, Kini Giliran Sumut Jadi Tuan Rumah Muktamar ke-49 Muhammadiyah ‘Aisyiyah

PWMJATENG.COM, Medan – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) bersama Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sumut resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Muktamar ke-49 Muhammadiyah. Pengumuman ini disampaikan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Prof. Dr. Haedar Nashir, MSi, saat meresmikan peletakan batu pertama pembangunan Tower UMSU 17 lantai di Kampus UMSU, Jalan Kapten Mukhtar Basri, Medan, pada Sabtu (23/12).

Ketua Umum PP Muhammadiyah menjelaskan bahwa keputusan ini merupakan hasil dari rapat pleno PP Muhammadiyah pada 13 Desember 2023. “Inti acara hari ini penyerahan SK pelaksanaan Muktamar di Sumut,” ungkapnya.

Sebagai bagian dari persiapan menyelenggarakan Muktamar ke-49, UMSU tengah membangun Tower megah dengan nilai investasi lebih dari Rp. 250 miliar. Prof. Dr. H. Agussani, MAP, Rektor UMSU, menyampaikan terima kasih atas dukungan untuk pembangunan tower yang akan menjadi salah satu pusat kegiatan Muktamar pada tahun 2027.

“Pembangunan tower ini, dilengkapi dengan auditorium berkapasitas 6.800 undangan, 120 ruang kuliah, dan 25 ruang perkantoran, akan menjadi bagian penting dalam penataan kampus, menjawab tantangan masa depan,” kata Rektor.

Baca juga, Sumatera Utara Jadi Kandidat Tuan Rumah Muktamar ke-49 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah

Dia menambahkan bahwa pembangunan tersebut memiliki nilai lebih dari sekadar struktur fisik. “Tower ini mengusung ciri khas budaya kearifan lokal dari Melayu, Mandailing, Batak, dan Padang, dengan material bangunan yang ramah lingkungan. Pada awal tahun 2027, gedung tower ini diharapkan sudah dapat digunakan,” tambahnya.

Prof. Dr. Haedar Nashir, MSi, juga menekankan pentingnya Muktamar sebagai tonggak penguatan akselerasi Muhammadiyah sebagai gerakan Islam berkemajuan. “Muktamar merupakan tonggak bagi penguatan akselerasi Muhammadiyah sebagai gerakan Islam berkemajuan. Ini era abad kedua perjalanan Muhammadiyah,” tegasnya.

Dalam acara peletakan batu pertama tersebut, turut hadir sejumlah tokoh, di antaranya Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. H. Abdul Mu’ti, M.Ed., Dr. Hj. Noordjannah Djohantini, M.M., M.Si. (Ketua PP Aisyiah), H. Musa Rajekshah, S.Sos., M.Hum. (Wakil Gubernur Sumatera Utara Periode 2018-2023), Prof. Saiful Anwar Matondang, Ph.D (Kepala LLDikti Sumut), dan para tokoh lainnya. Semua pihak berharap Muktamar ke-49 Muhammadiyah di UMSU nantinya akan menjadi tonggak penting dalam pengembangan pendidikan dan nilai-nilai keislaman.

Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE