BeritaKabar DuniaPWA Jateng

Seru! Gebyar Milad Aisyiyah ke-107 Pimpinan Cabang Aisyiyah Welahan Jepara Penuh Kegiatan Menarik!

PWMJATENG.COM, Jepara – Gebyar Milad Aisyiyah ke-107 oleh Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Welahan berlangsung meriah di Gedung Dakwah Muhammadiyah Welahan. Kegiatan yang diselenggarakan pada Ahad, (2/6), ini dipenuhi berbagai acara yang menunjukkan semangat dan kebersamaan jamaah.

Ketua PCA Welahan, Siti Khalimah, membuka acara dengan menyampaikan pentingnya pengajian sebagai ruh dari gerakan Aisyiyah. “Pengajian adalah kegiatan mendasar untuk menghidupkan gerak persyarikatan di jamaah atau masyarakat,” ujarnya, mengutip AR Fahrudin. Untuk membangkitkan semangat, Siti Khalimah juga menggemakan yel-yel Aisyiyah yang diikuti semua jamaah, “Aisyiyah… berkemajuan, Aisyiyah… bergerak, Aisyiyah… tangguh, tangguh, tangguh, yes!”

Acara dimulai lebih awal dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan (Posbindu) pada pukul 14.00 WIB. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan peran serta jamaah dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko penyakit tidak menular (PTM). Pemeriksaan dilakukan oleh Kiswati, kader Majelis Kesehatan PCA Welahan, meliputi berat badan, tinggi badan, tekanan darah, dan lingkar perut. Selain itu, Elly Retnowati, kader kesehatan terlatih dari Kedungsari Mulyo, memeriksa kolesterol, asam urat, dan gula darah. Rencana ke depan, Posbindu akan dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.

Setelah pemeriksaan kesehatan, salat jamaah Ashar dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB, diimami oleh Kasmono. Pengajian rutin dimulai pada pukul 15.30 WIB dengan ceramah oleh Kasmono yang menyampaikan lima perkara penting:

  1. Selalu bersyukur atas apa yang diberikan Allah.
  2. Selalu berbuat kebaikan.
  3. Menjaga dan mendoakan keluarga.
  4. Selalu bertaubat bila berbuat dosa atau kesalahan.
  5. Menjalankan Islam secara kaffah.

Baca juga, Ramai Pemberian IUP kepada Ormas Keagamaan, Ini Tanggapan Ketua PWM Jawa Tengah

Dalam ceramahnya, Kasmono menekankan pentingnya pemeliharaan amal usaha Aisyiyah, khususnya PAUD di Desa Kedungsarimulyo, yang baru saja menjalani proses akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Paud Dasar Menengah (BAN PDM).

Pengajian ditutup dengan doa oleh Kasmono tepat pukul 16.30 WIB, dilanjutkan dengan senam “Aisyiyah Bahagia” yang diikuti oleh semua jamaah hingga pukul 17.00 WIB. Senam ini direncanakan akan dilakukan setiap selesai pengajian rutin pada Ahad pertama dan ketiga setiap bulannya.

Sejak tiga bulan lalu, PCA Welahan merintis program sedekah sampah bernama “SURYA MENTARI”. Pada acara ini, jamaah membawa sedekah sampah yang kemudian dikumpulkan dan dipilah. Pengepul sampah berhasil mengumpulkan Rp120.000, menambah saldo menjadi Rp494.000.

Acara juga dihadiri oleh Nasyiatul Aisyiyah, dengan Ketua Nurul Fitriana yang merasa senang dapat menyaksikan langsung kegiatan Aisyiyah. “Milad Aisyiyah semakin mantap karena dukungan sesepuh Aisyiyah Welahan, Bunda Asnuah dan Bunda Khayatun,” ujar Ketua PCNA Welahan.

Kontributor : Kusnitah
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE