AUMBerita

SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo Raih Prestasi Gemilang pada Lomba School Health Program! Apa Rahasianya?

PWMJATENG.COM, Surakarta – Prestasi gemilang kembali diraih oleh SD Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Solo. Kali ini, mereka berhasil meraih juara I dalam lomba School Health Program (SHP) Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2023 yang diselenggarakan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Soelastri Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Sabtu (20/1). Keberhasilan ini tentunya menimbulkan pertanyaan, apa rahasia di balik prestasi mereka?

Dalam sambutannya di Ruang Pertemuan Soelastri lantai 9 RSGM, Direktur RSGM, Ida Witiasati, menyampaikan tujuan utama SHP. Selain memperingati milad ke-5 RSGM Soelastri, kegiatan ini bertujuan memberikan edukasi dan membentuk kebiasaan baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut anak usia sekolah dasar. Ia juga memberikan apresiasi kepada SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo sebagai pemenang lomba.

“Selamat kepada SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo. Harapan kami para murid dapat membiasakan diri merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut,” ungkap Ida Witiasati.

Muhamad Arifin, Wakasek Kesiswaan dan Sarana Prasarana SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo, menjelaskan bahwa kampanye untuk menyikat dan merawat gigi sudah menjadi program rutin di sekolah mereka. Ini dilakukan melalui program parenting, penyuluhan dari puskesmas, dan kerjasama dengan petugas Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Baca juga, Hisab: 1 Ramadan 1445 H Jatuh pada 11 Maret 2024, 1 Syawal Jatuh pada 10 April 2024

“Kami memberikan apresiasi kepada para murid yang membuktikan kedisiplinan dalam menyikat gigi selama 21 hari. Bukti tersebut berupa foto atau video yang dikirimkan kepada wali kelas,” tambah Muhamad Arifin.

Lomba SHP melibatkan pengamatan dan pengisian kalender gosok gigi selama 21 hari, dimulai dari 20 November hingga 10 Desember 2023. Orang tua juga berperan aktif dengan melaporkan pengisian kalender gosok gigi kepada wali kelas. Murid yang disiplin menyikat gigi dua kali sehari akan mendapatkan apresiasi berupa emoticon smile dari wali kelas.

Nada Najma Haritsa, seorang murid kelas V yang meraih prestasi dalam lomba ini, menyampaikan kebahagiaannya. “Tak disangka, sekolahku yang memenangkan perlombaan ini. Semoga dengan piala yang aku bawa dapat menginspirasi dan menjadi pengingat untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut,” ucapnya.

Prestasi ini tentunya menjadi sorotan dan kebanggaan bagi SD Muhammadiyah PK Kottabarat Solo. Mereka berhasil membuktikan bahwa edukasi kesehatan gigi yang diimplementasikan dengan baik dapat menciptakan kebiasaan positif pada anak-anak usia sekolah dasar.

Kontributor : Nikmah Hidayati
Editor : M Taufiq Ulinuha

Muhammadiyah Jawa Tengah

Muhammadiyah Jawa Tengah adalah gerakan Islam yang mempunyai maksud dan tujuan menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam Jawa Tengah yang sebenar-benarnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tidak bisa menyalin halaman ini karena dilindungi copyright redaksi. Selengkapnya hubungi redaksi melalui email.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE