Ramadhan Ceria di TPQ At Taqwa Wonodri Kota Semarang: Indahnya Saling Berbagi

0
506

PWMJATENG.COM, SEMARANG -Seperti halnya pada hari Jum’at pekan sebelumnya, Jum’at sore ini Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) At Taqwa Wonodri Kota Semarang mengumpulkan para santrinya untuk belajar dan bermain bersama, buka bersama, serta sholat maghrib berjamaah, yang dikemas dalam acara Ramadhan Ceria Indahnya Saling Berbagi. Kegiatan yang merupakan agenda rutin tiap tahun ini, dimulai pada Pkl. 16.20-18.20 WIB di Aula Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal (TK ABA) 04 Kota Semarang, Jumat (1/6/2018). Kegiatan yang diikuti 35 santriwan/wati ini, terdiri dari agenda belajar melafalkan asmaul husna bersama-sama, belajar melafalkan do’a di Bulan Ramadhan bersama-sama, mendengarkan kisah Nabi Musa saat melakukan perjalanan bersama Nabi Khidzr, buka bersama, dan sholat maghrib berjamaah.

Kegiatan ini berjalan dengan sangat meriah, karena terlihat keceriaan para santri yang terdiri dari anak-anak usia TK hingga SD dari awal hingga penghujung acara. Keceriaan tersebut ditunjukkan saat mendengarkan kisah nabi, dimana beberapa santri ikut dilibatkan untuk memerankan tokoh pada kisah nabi tersebut. Para santri juga ikut berbahagia saat buka bersama, karena mereka bisa ikut merasakan indahnya berbagi melalui kesediaan satu sama lain untuk berbagi hidangan buka puasa, dimana hidangan yang disediakan saat buka bersama merupakan hidangan dari orangtua/wali para santri.

Kegiatan yang dipandu oleh lima orang ustadz/ah yang terdiri dari Ibu Nadhifah, Ibu Rini, Mas Amin, Mas Fai, dan Kak Tuti ini, ditutup dengan do’a bersama.
“Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan anak-anak bisa ikut memaknai hakikat Ramadhan yang sebenarnya, yang salah satunya adalah dengan hal berbagi”, ungkap Zakiyah Setyorini selaku Kepala TPQ At Taqwa Wonodri Kota Semarang.(Tu ti Astha3)